Mengenal Ragam Bunga Potong Untuk Hiasan

Mengenal Ragam Bunga Potong Untuk Hiasan – Jika anda suka jalan-jalan ke kompleks toko bunga di kota tempat anda tinggal, maka di sana anda akan bisa melihat koleksi bunga hias dan bunga potong yang kerap dimanfaatkan orang buat merangkai vas bunga atau buket.

Disamping bunga potong lokal yang diaplikasikan sehari-hari, saat ini sedang tren mengirimkan rangkaian bunga yang terdiri dari bunga-bunga berjenis eksklusif.

Disebut eksklusif karena jenis bunga ini jarang dapat anda jumpai karena mempunyai mutu yang prima dalam tampilannya, mulai dari bentuk, ukuran serta pilihan warna yang jumlahnya tidak berbatas. Harganya bisa mencapai 4-5 kali lipat dari bunga lokal.

Tetapi hingga saat ini yang menjadi kendala adalah permintaan terhadap bunga eksklusif semakin bertambah besar sedangkan suplainya masih jauh dari jumlah mencukupi.

Berikut ini adalah hasil pengamatan pada dua jenis bunga eksklusif yang mulai merambah pasaran bunga di kota – kota besar, menurut urutan popularitasnya.

1). Bunga Gerbera

janin

Gerbera generasi terbaru merupakan hasil pemuliaan dari negeri Belanda yang menampilkan sosok bunga yang lain dari bunga-bunga potong yang telah dikenal selama ini.

Memiliki ukuran besar, warna yang cerah dan beragam serta produktivitas tanaman dalam jumlah tinggi, menjadikan bunga ini mampu bersaing dengan bunga-bunga potong lainnya.

Dikenal 200 varietas baru telah berhasil disemaikan dan seperempat dari jumlah tersebut telah memasuki pasaran produksi komersial.

Menurut catatan statistik di Belanda, bunga gerbera menduduki urutan ketiga dari besarnya jumlah produksi menyamai mawar dan krisan.

Gerbera termasuk tanaman perenial (tahunan) tetapi berbatang lunak. Cara perbanyakannya adalah dari anakan, tetapi saat ini sudah digunakan bibit hasil pembiakan kultur jaringan.

Jarak tanam di lapangan yang normal adalah 20 x 20 cm sampai 30 x 30 cm. Usia produktif tanaman ini antara 1 – 1,5 tahun, dalam masa ini mampu menghasilkan bunga sebanyak 25 – 35 tangkai per tanaman sekali panen.

Serangan penyakit adalah faktor utama yang bisa menurunkan produksi bunga secara drastis. Cendawan yang biasa menyerang adalah Phytium, Phytophthora dan Rhizoctorial, sedangkan serangan hama terganas adalah kutu putih.

Maka dari itu sebaiknya menanam bunga ini di alam terbuka saja agar banyak mendapat asupan sinar matahari.

Harga gerbera hybrida di Jakarta antara Rp. 1.500 per tangkai, dan tetap / stabil, bahkan di hari besar malah mengalami kenaikan drastis.

Bunga gerbera mampu tahan antara 3 – 7 hari sebelum tangkainya layu meskipun mahkotanya masih segar. Sebaliknya, tangkai yang masih segar mudah sekali patah, sehingga packingnya harus hati – hati.

2). Bunga Alstroemeria

janin

Bunga ini adalah termasuk pendatang baru yang mudah sekali disukai karena penampilannya cantik dan memiliki ragam warna-warna yang cerah.

Bentuk maupun susunan mahkota bunganya mirip dengan anggrek. Disebut juga ‘Peruvian Lily’ karena bunga ini berasal dari Chili dan Brazil namun mudah ditemukan di Bolivia, Paraguay dan Argentina.

Satu tangkai bunga bisa mencapai panjang sekitar satu meter dan terdiri dari 2-4 kuntum yang terkumpul dalam ujung tangkainya. Dalam satu rumpun bisa menghasilkan 3-7 tangkai bunga.

Perbanyakannya adalah dengan cara memecah rumpun, karena rhizomanya tumbuh sangat cepat dan terus-menerus. Jarak tanam yang optimal adalah 45 cm x 52 cm. Pada bedengan dengan luas satu meter persegi, anda bisa menanam empat rumpun tanaman.

Hasilnya bisa mencapai 200 tangkai bunga per tahun. Tanaman ini mampu tumbuh sampai tinggi dua meter, sehingga diperlukan jala penyangga agar tanamannya tidak rebah.

Alstroemeria memerlukan sinar matahari penuh agar pertumbuhannya kekar, tangkainya tegak, daunnya rimbun dan hijau serta bunganya besar dan banyak.

Tanaman ini merupakan tanaman yang resisten terhadap serangan hama dan penyakit, kecuali terhadap serangan penyakit busuk batang.

Di Eropa, warna yang paling populer adalah dasar putih dengan garis-garis merah jambu atau ungu.

Baca Artikel Lainnya :

Sedangkan di Jakarta, warna pilihan adalah warna merah cerah yang dikenal dengan istilah Var. King Cardinal berwarna merah-ungu (liliac-purple/magenta) Var atau lebih populer dengan istilah ‘Jubilee’ adalah paling disukai penggemar bunga potong di Indonesia.

Harga bunga ini di florist Jakarta sangat mahal yaitu antara Rp. 2.000 per tangkainya dengan daya simpan dalam vas mencapai 10 hari.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *