Mengenal Sejarah Lompat Jauh di Dunia

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, baik itu untuk yang tengah mencegah penyakit atau yang ingin membentuk tubuh menjadi lebih indah. Ragam dari cabang olahraga juga cukup banyak, diantaranya adalah jenis olahraga individu dan kelompok yang nantinya dibagi lagi dalam beberapa macam.

fi 8

Tentunya Anda sudah tak begitu asing dengan jenis olahraga seperti lompat jauh bukan, permainan yang satu ini dapat dimainkan sendiri dengan aturan tertentu, tergolong sebagai cabang olahraga atletik yang menuntut pemainnya untuk melompat dalam jarak yang mereka mampu, semakin jauh lompatan maka merekalah yang akan menjadi pemenang.

Jenis ini banyak sekali diperlombakan bersamaan dengan olahraga atletik lainnya. Sejarah adanya olahraga ini dimulai dari masa Yunani Kuno. Pada era ini lompat jauh merupakan satu-satunya cabang olahraga melompat yang kala itu diperlombakan di Olimpiade Pentathlon track and field, jadi para atlit berjuang untuk mengkombinasikan kekuatan, kelincahan dan juga kecepatan untuk mendapatkan jarak terjauhnya. Termasuk dalam jenis olahraga kuno yang kala itu baru ada di tahun 1896 khusus untuk pria, sedangkan wanita diresmikan di tahun 1948.

Sejarahnya

Lompat jauh ini pertama kali memang dikenal pada masa Yunani kuno dalam ajang track and field. Saat diperkenalkan pertama kali olahraga tersebut berbeda dengan yang kita kenal saat ini, dulunya atlit-atlit diwajibkan untuk membawa beban di kedua tangannya yang disebut sebagai halteres, halteres merupakan dumble prasejarah yang terbuat dari batu yang tentunya akan menambah beban pelompat.

Nantinya beban tersebut harus digoyangkan pada saat atlet melompat, secara tak langsung sudah pasti hal ini menyebabkan atlit ikut melompat ke depan karena beban yang ada ikut terayun.

Pada catatan sejarah ada satu atlit olimpiade kuno yang sangat terkenal yaitu Chionis, yaitu pada tahun 656 sebelum masehi ia dapat menciptakan lompatan melewati angka 7 meter lebih 5 cm. Itu adalah rekor pada kala itu. Hingga saat ini olahraga tersebut masih banyak penggemarnya bahkan bisa dikatakan selalu meningkat dari waktu ke waktu

Pada saat ini lompat jauh berbeda dengan aturan yang ada dulu, jika kala itu ada beban yang harus dibawa oleh masing-masing atlit di tiap tangannya maka sekarang sudah tak ada lagi. Selain itu bak lompatan juga dibuat lebih aman, yaitu di isi dengan pasir. Pelompat atau atlit boleh jauh asalkan posisinya tersungkur ke depan, karena ini menandakan bahwa catatan yang dilihat adalah pijakan pertama.

Sebaliknya jika dia jatuh dengan posisi terduduk. Maka meskipun bagian pertama yang di injak ada di depannya namun yang masuk ke dalam catatan tetaplah bagian paling utama. Umumnya jenis olahraga tersebut dapat dimainkan oleh siapa saja, tetapi lebih mengutamakan mereka dengan kaki yang panjang agar mendapatkan lompatan jauh.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *