Mengenal Sejarah Terbentuknya Negara Jepang

Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang pertama kali menjadi negara maju, bahkan menjadi negara yang berhasil menjajah negara lain. Dalam catatan sejarah Jepang bahkan berhasil menduduki nusantara, dan memegang tampuk kepemimpinan selama 3,5 tahun.

fi 64

Meski terbilang singkat, namun untuk ukuran negara di benua Asia hal tersebut menjadi sebuah prestasi tersendiri. Hingga sekarang Jepang tetap menjadi negara yang maju dan dikenal di seluruh penjuru dunia.

Sejarah Berdirinya Negara Jepang

Jepang merupakan sebuah kawasan yang ditemukannya berbagai prasasti dan bukti sejarah lain yang mana menunjuk pada masa Paleolitikum. Periode Palelitikum sendiri menjadi periode pra sejarah yang cukup panjang, yakni dimulai pada tahun 50.000 sebelum masehi.

Kemudian masa ini berakhir pada tahun 20.000 sebelum masehi dan juga merupakan negara dengan bentuk kepulauan. Meski negara Jepang bukanlah negara yang luas daerahnya, namun perkembangan teknologi yang pesat menjadikan Jepang negara yang kaya.

Terbentuknya negara Jepang bisa dilihat dan dibuktikan dengan adanya catatan sejarah masa Joomon yang dimulai sejak 14.000 tahun sebelum masehi. Masa Joomon sendiri sudah bisa memberikan Kita gambaran mengenai peradaban yang terbangun di antara manusia dengan teratur. Dimana mulai ditemukannya kerajinan tenun, dan bahkan juga baju yang dibuat dari besi untuk para tentara kerajaan.

Beberapa kerajinan tembikar pun ditemukan dan masih dalam kondisi yang baik hingga sekarang dan menjadi bukti sejarah paling penting. Dimana dengan adanya bukti-bukti tersebut bangsa Jepang bisa mengetahui asal muasal nenek moyangnya.

Berlanjut lagi kepada masa Yayoi, dimana adanya perkembangan lagi terhadap keseharian masyarakat pada waktu itu. Adanya pola penghasil kerajinan, pertanian, dan berbagai barang yang diolah secara manual dan tradisional lainnya.

Perbedaan terjadi dengan adanya perubahan fungsi terhadap barang atau kerajinan yang dihasilkan. Semisal mulai menggunakan kerajinan tembaga untuk kebutuhan pertanian, mengolah lahan, menanam benih, dan lain sebagainya. Sehingga boleh dikatakan pada masa Yayoi Kita akan menjumpai peradaban manusia yang lebih baik dari masa sebelumnya.

Masa perkembangan masyarakat zaman dahulu di Jepang terus berkembang, hingga menjumpai masa Kofun, Asuka, Singokun, dan lain sebagainya. Dari sekian masa tersebut, mungkin yang memiliki pengaruh besar dalam catatan sejarah adalah pada masa Singoku.

Pada masa Singoku ini masyarakat mulai memiliki keinginan untuk saling meluaskan kekuasaan terhadap masyarakat atau suku lain. Sehingga mulai ditemukan berbagai jenis persenjataan yang tentunya digunakan untuk kebutuhan perang.

Kekuatan kekaisaran di Jepang sangatlah kuat, hingga Jepang sendiri pernah melakukan peperangan dengan negara-negara adik daya. Sebut saja negara Tiongkok, bahkan negara Rusia yang merupakan negara terbesar dan berpengaruh. Hingga sekarang kekuatan militer yang dimiliki masih dapat dilihat dari kesenian tari tradisional yang memberikan gambaran sangat jelas.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *