Mengenal Struktur dan Fungsi Ribosom

Mengenal Struktur dan Fungsi Ribosom – Seperti yang kita tahu, dalam sebuah sel terdapat berbagai macam struktur dasar yang memiliki masing-masing manfaat atau fungsi tersendiri. Masing-masing bagian pembentuk struktur dasar dalam sebuah sel saling berkaitan satu sama lain dan fungsinya sangatlah penting. Salah satu bagian yang terdapat dalam struktur dasar suatu sel adalah ribosom. Ribosom terdapat dalam sitoplasma dan mempunyai fungsi yang amat penting dalam suatu sel sehingga manfaatnya perlu anda ketahui. Maka dari itu, simaklah penjelasan lebih detailnya di bawah ini.

a

Kategori Ribosom

Ribosom yang terdapat dalam sitoplasma dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu ribosom bebas dan juga ribosom terikat. Meskipun berbeda satu sama lain, keduanya memiliki fungsi yang sama dalam mensintesis protein yang bermanfaat untuk membantu sel dalam menjalankan aktivitas. Berikut ini pengertian masing-masing kategori ribosom tersebut, yaitu:

  • Ribosom bebas merupakan struktur sel yang tersebar luas pada bagian sitoplasma.
  • Ribosom terikat merupakan struktur ribosom yang umumnya menempel pada bagian retikulum endoplasma atau biasa disebut dengan retikulum endoplasma kasar alias RER.

Struktur Ribosom

Ribosom dibagi menjadi 2 struktur penting. Struktur ribosom diantaranya yaitu asam ribonukleat atau RNA dan juga protein. Struktur ribosom RNA dan protein tersebut dikaitkan dengan laju sedimentasi tertentu dengan tingkat kepadatan yang beragam antara satu sel dengan sel lainnya. Tingkat kepadatan tersebut berkisar antara 40S dan 60S pada sel eukariotik dalam tubuh manusia. Hal inilah yang membuat struktur ribosom dari masing-masing sel memiliki perbedaan satu dengan lainnya.

Fungsi ribosom

Ribosom memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dan mempunyai peran tersendiri dalam pembentukan sebuah sel. Fungsi utama dari ribosom tersebut yaitu untuk memproduksi dan juga mensintesis zat protein yang ada di dalam sel. Bagi ribosom yang terdapat dalam sitoplasma, otomatis fungsi tersebut hanya bekerja di dalam sitoplasma saja dan manfaat yang diberikan hanya berguna di dalam bagian sitoplasma tersebut. Sementara itu, ribosom yang terikat pada bagian retikulum endoplasma biasanya memproduksi protein dan menyebarkannya hingga ke luar bagian sel sehingga manfaatnya bukan hanya berfungsi di dalam sel tersebut saja, namun sifatnya menyebar luas.

Seluruh tahap di dalam proses produksi dan sintesis protein yang dilakukan pada bagian organel ribosom, baik di dalam sitoplasma ataupun retikulum endoplasma biasa disebut dengan dogma sentral. Proses itulah yang menjadi fungsi dan tugas utama dari organel sel yang satu ini dan perlu anda ketahui karena perannya sangatlah penting bagi setiap kegiatan dan juga aktivitas metabolisme yang dilakukan dalam sel itu sendiri. Itulah penjelasan mengenai struktur dan fungsi ribosom yang penting dan perlu anda ketahui karena merupakan bagian yang cukup fatal dalam membentuk suatu sel yang sempurna.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Mengenal Struktur dan Fungsi Ribosom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *