Mengenal Sumber Energi yang Dibutuhkan Tubuh Kita!

Jika Anda sedang berdiet pasti Anda sering mendengar ungkapan, kurangi makanan berkarbo. Artinya Anda harus berdiet karbohidrat atau sebisa mungkin mengurangi asupan karbohidrat. Pasti Anda bingung, karena di sisi lain pasti Anda sering mendengar jika sumber energi adalah karbohidrat bukan? Pada dasarnya dua pernyataan diatas tidaklah salah.

fu 87

Pada saat masuk ke dalam tubuh, maka proses metabolisme akan memecah karbohidrat menjadi gula, kemudian gula lah yang akan menjadi sumber energi. Ketika energi yang berasal dari gula tidak banyak digunakan, maka akan menumpuk dalam tubuh dan menjadi lemak.

Dari penjelasan diatas tentu Anda dapat menyimpulkan bukan, mengapa ketika berdiet lebih baik mengurangi karbohidrat. Maksudnya tentu ketika Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan energi lebih baik Anda tidak mengasup karbohidrat terlalu banyak. Pada dasarnya, karbohidrat ini merupakan senyawa yang terdiri dari unsur-unsur:

  • Karbon
  • Hidrogen
  • Oksigen

Namun pada beberapa kasus, ada juga karbohidrat yang tersusun dari unsur Nitrogen, sulfur atau Fosfor. Dari beberapa rangkaian rantai unsur diatas, maka ada beberapa jenis karbohidrat. Yaitu Monosakarida, Disakarida/oglisakarida, dan Polisakarida.

Untuk Monosakarida, adalah bentuk paling sederhana dari karbohidrat. Sehingga tidak dapat dihidrolisis atau dipecah menjadi molekul atau senyawa lain. Dimana monosakarida ini dibagi menjadi ketosa seperti fruktosa dan aldosa seperti glukosa dan galaktosa.

Untuk disakarida sendiri, maka seperti istilahnya dapat dipecah kembali menjadi dua jenis molekul lain, yaitu gula itu sendiri dan air. Jenis disakarida ini ada beberapa, yaitu Maltosa, Laktosa, Sukrosa/ sakarosa dan trehalosa. Sedangkan untuk Polisakarida, maka senyawanya terdiri dari beberapa molekul disakarida. Contohnya adalah amilum, glikogen dan selulosa.

Pasti banyak yang bertanya-tanya, apa perbedaan diantara berbagai jenis rantai karbohidrat diatas. Sebenarnya perbedaan utamanya adalah dalam hal kemampuan karbohidrat ini dicerna dalam tubuh. Untuk karbohidrat sederhana seperti monosakarida, maka akan lebih cepat diserap dan diubah menjadi gula.

Dengan demikian ketika tidak segera digunakan sebagai energi maka akan menumpuk dalam darah dan sebagian menjadi lemak. Berbeda dengan karbohidrat komplek seperti halnya disakarida dan polisakarida tentu akan lebih lama dicerna atau dipecah menjadi energi. Sehingga lebih mengandung serat, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan demikian, ketika Anda sedang berdiet, ada baiknya Anda menghindari makanan-makanan karbohidrat yang mengandung susunan gula sederhana, seperti:

  1. Minuman bergula dan minuman kemasan
  2. Madu
  3. Sirup
  4. Jus
  5. Beberapa buah-buahan seperti melon, pisang, anggur, kiwi dan cherry
  6. Makanan bertepung seperti roti dan kue
  7. Makanan kemasan dan sebagainya

Sedangkan bagi Anda yang sedang berdiet, tentu disarankan untuk lebih mengkonsumsi karbohidrat yang mengandung senyawa komplek yaitu polisakarida atau disakarida. Beberapa makanan ini antara lain kacang-kacangan, susu skim, buah-buahan seperti apel adan mentimun, sayuran seperti brokoli, wortel, asparagus, selada, seledri dan beberapa sayuran lainnya.

Terakhir, mengenai karbohidrat ini memang asupannya lebih baik tidak berlebihan. Terpenting adalah Anda memiliki cadangan energi untuk melakukan aktivitas. Para pakar mengemukakan, asupan karbohidrat paling pas adalah 50 gram setiap hari. Dimana besaran ini bisa didapat dari secangkir oatmeal dan separuh buah pisang.

Dengan menjaga asupan karbohidrat, maka Anda akan mengurangi berbagai jenis kemungkinan terjadinya penyakit seperti jantung dan diabetes. Selain itu dengan mengurangi karbohidrat maka Anda akan mendapatkan perut yang lebih rata. Selain sehat, maka penampilan Anda juga akan semakin menarik bukan?

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *