Mengenal Tentang Asal Mula Welsh Cake, Kue Goreng Ala Inggris Yang Empuk Untuk Tea Afternoon  

Welsh Cake merupakan salah satu cake kering yang biasa disantap untuk acara tea afternoon di daerah Wales yang cara memasaknya adalah tradisional dan telah populer sejak akhir abad ke 19 sebagai cake tea afternoon dengan penambahan ke dalam adonan kue yang kalis berupa mentega, gula halus dan buah kering lalu dipanggang memakai wajan.

o 50

Dari sinilah asal mula terciptanya cake yang dikenal sebagai bakestones karena mereka secara tradisional dimasak dengan menggunakan api sedang di atas wajan ukuran diameter sekitar 1,5 cm atau lebih tebal yang ditempatkan di atas api atau kompor tradisional bangsawan Inggris kuno, persis menyerupai scone wajan.

Welsh Cake dibuat dari tepung terigu atau tepung gandum, sultana, kismis, dan rempah – rempah seperti bubuk kayu manis dan pala. Adonan kemudian dibentuk secara kasar melingkar, berdiameter 7 – 8 cm dan ketebalan sekitar setengah inch (1 – 1,5 cm). Welsh Cake disajikan panas atau dingin dengan ditaburi gula kastor.

Tidak seperti scone, cake ini biasanya tidak dimakan dengan tambahan bahan – bahan lain seperti selai atau olesan mentega, tetapi nikmat disantap bersama minuman panas berupa kopi.

Lebih nikmat anda makan saat kue baru matang yaitu hangat, di luar negeri beberapa orang suka menyantap kue ini bersama dengan taburan gula bubuk di atasnya. Berbeda dengan scones yang umum disantap bersama dengan olesan selai buah, selai kacang atau selai cokelat dan bahan tambahan lainnya dengan secangkir teh panas.

Welsh Cake merupakan makanan tradisional masyarakat Wales di Inggris. Kue ini biasa dikenal dan populer dengan sebutan kue panggang, kue goreng atau bakestones karena memang kue ini dimasak dengan cara – cara tradisional seperti dijelaskan di atas. Kadang – kadang, orang dari luar Inggris menyebut kue ini dengan nama scone panggang.

Welsh Cake rasa dan tekstur kuenya garing, manis dan gurih. Bagi anda yang pernah menyantap scone atau biskuit versi AS bernama Scone Kismis & Chocolate Chunk, maka pastilah bisa membayangkan rasa lezat dari Welsh Cake.

Butiran butter yang dicacah kasar lalu dicampur ke dalam adonan tepung yang kalis, kemudian akan meleleh saat kue mulai dimasak di pan, membuat teksturnya menjadi renyah namun tetap lembut di lidah si penikmat.

Rasa manisnya yang pas, beradu dengan buah kering dari anggur Australia dan taburan irisan manisan kulit jeruk lemon yang berasa pahit, asam, dan manis membuat kue ini memang sulit untuk dilupakan apalagi ditolak.

Mengenal Buah Kering Untuk Campuran Adonan Welsh Cake

Buah kering yang biasa digunakan pada Welsh Cake umumnya adalah kismis, manisan kulit jeruk lemon dan currant ( sejenis berry Australia), tetapi di Perancis, beberapa koki restoran suka menggunakan cranberry kering dan manisan jeruk mandarin fresh.

Untuk manisan kulit jeruk lemon, anda bisa membuatnya sendiri di rumah, resepnya bisa diperoleh dari mengklik  informasi data tentang Manisan Kulit Jeruk – Candied Orange Peel di internet yang banyak diposting oleh koki profesional dari mancanegara, jika tertarik untuk mencoba memakai bahan tambahan dari manisan kulit jeruk lemon.

Namun disarankan menggunakan jenis buah kering favorit dan umum dipakai buat mencampur adonan cake. Di bawah ini beberapa buah kering lainnya yang bisa digunakan buat mencampur adonan dasar Welsh Cake :

1. Aprikot.

Aprikot merupakan sumber serat yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh manusia karena kaya akan kandungan zat besi, vitamin A dan C, kalium dan antioksidan. Buah ini bisa meningkatkan jumlah darah dalam tubuh anda sehingga bagus untuk penderita anemia.

Buah aprikot kerap dimanfaatkan untuk mereka yang sering mengalami masalah pencernaan dan sembelit, membantu tubuh untuk melawan infeksi dan memperbaiki jaringan yang rusak, membangun gigi dan tulang yang tidak mudah rapuh, dan meningkatkan ketajaman mata.

2. Buah Ara.

Buah ara banyak mengandung vitamin seperti vitamin K, B6, C, E, berbagai mineral dan fosfor. Buah ara juga kaya akan kandungan tembaga yang sangat penting dalam produksi pembuluh darah. Makanan ini ampuh buat melindungi tubuh dari kanker, diabetes, penyakit degeneratif dan infeksi.

3. Buah Tomat.

Tomat tidak banyak mengandung lemak dan kolesterol. Tetapi buah tomat mempunyai antioksidan dan kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi. Vitamin C yang ditemukan dalam tomat kering banyak membantu anda dalam pencegahan penyakit kanker, diabetes, jantung dan paru – paru.

4. Buah Cranberry.

Buah cranberry kering banyak digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran kemih. Mereka juga banyak membantu dalam memerangi infeksi bakteri, penyakit jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempunyai sifat anti kanker. Cranberry kering banyak membantu dalam memerangi kerusakan gigi.

5. Buah Kelengkeng.

Kembaran dari buah leci ini memiliki banyak kegunaan bagi mereka yang menderita penyakit perut, insomnia dan amnesia. Buah ini mempunyai efek menenangkan pada sistem saraf dan bagus buat mengontrol darah. Rebusan dari lengkeng kering banyak membantu mengobati insomnia dan masalah neurosis neurasthenic.

Baca Artikel Lainnya :

Seperti dijelaskan di atas, Welsh Cake bisa disantap saat masih hangat lalu anda simpan selama sekitar dua minggu dalam toples kedap udara dan basah untuk bisa dipanaskan kembali di microwave jika anda ingin menyantapnya dalam kondisi hangat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *