Mengenal Tentang Asal – Usul Kudapan Salad Buah Dari Negeri Inggris

Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran bahan dasar berupa sayur – sayuran, buah segar, bunga atau daun herbal dan bahan tambahan lainnya berupa keju, daging, atau telur lalu disiram dengan saos.

Sedangkan salad didefinisikan oleh The Dictionary of American Food and Drink menjelaskan bahwa makanan ini merupakan makanan siap santap berupa sayur – sayuran hijau dan segar yang disiram dengan berbagai racikan bumbu untuk saus, kemudian ditambahkan dengan bahan – bahan lainnya seperti sayuran atau buah – buahan segar lainnya.

o 49

Menurut sejarah dan asal – usul kemunculan kudapan ringan bernama salad di Inggris dan telah lama dikonsumsi oleh bangsawan Romawi dan Yunani kuno, kata salad berasal dari bahasa Latin “sal” yang berarti “garam”.

Pada jaman dulu, garam merupakan bumbu yang paling penting untuk memberi rasa gurih pada makanan yang anda buat. Selanjutnya kata “sal” dikombinasikan ke dalam bahasa Perancis kuno menjadi salade dan di akhir abad ke 14 diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi salad atau sallet.

Pada zaman dahulu, di desa – desa terpencil dalam wilayah kerajaan besar di negara Inggris, sepanjang sejarah peradaban kehidupan manusia, di Inggris selalu diperintah oleh seorang ratu yang sangat baik dan bijaksana.

Dengan ditemani oleh sang raja yang arif dan baik hati, beliau memimpin kerajaannya selama berabad – abad lamanya yang dikenal dengan julukan kerajaan Neverland.

Selama hampir 16 tahun setelah sang raja meninggal di medan perang ketika bertempur melawan pemberontak dari kerajaan tetangga, sang raja meninggal bertepatan dengan waktu sang ratu melahirkan anak pertama yang dikandungnya.

Sekarang, 16 tahun sudah berlalu, sang ratu kini hidup tak sendiri lagi, ia menikah dengan suaminya yang kedua. Mereka dikaruniai 4 anak kembar (lahir dalam waktu yang bersamaan) dan memiliki watak yang baik hati serta telah beranjak dewasa.

Mereka tumbuh menjadi putri – putri yang cantik dan bijaksana. Diketahui, sang ratu tersebut di atas bernama ratu Mayo, memberikan keempat putrinya dengan nama – nama yang sangat unik.

Anak yang lahir pertama diberikan nama Grape, anak yang kedua diberi nama Lecy, anak yang ketiga diberi nama Kiwi dan anak yang lahir terakhir dijuluki nama kesayangan yaitu Chery.

Mereka terkenal ke seluruh dunia sebagai putri yang sangat cantik, dimana kecantikan keempat putri dari ratu Mayo sudah tersohor ke pelosok – pelosok desa di Inggris hingga terdengar ke negeri – negeri tetangga.

Ratu Mayo dan keempat putrinya gemar menghabiskan waktu luang mereka di dapur untuk mencoba beragam resep masakan favorit keluarga istana yang diajarkan oleh koki istana untuk mereka praktekken sendiri di dapur beserta pengembangannya.

Berdasarkan atas kesukaan dari sang ratu terhadap buah – buahan segar, terciptalah sepiring salad buah segar khas orang Inggris yang saat ini sudah tersebar ke resto – resto mewah di mancanegara dan memiliki banyak peminat.

Cara penyajian salad buah adalah bisa disajikan dingin (setelah disimpan terlebih dahulu dalam lemari pendingin) atau disajikan dalam temperatur ruang suhu, dan untuk sarapan pagi bisa dijadikan isi dari sandwich.

Walaupun bisa dikembangkan dengan menambahkan bahan – bahan berupa olahan daging atau telur (rebus atau goreng), pada umumnya jenis makanan yang satu ini terdiri dari satu jenis sayuran mentah yang segar dan lainnya adalah buah – buahan segar. Terakhir disajikan dengan saus (dressing) tertentu sesuai dengan bahan dasar yang dipakai.

Di Amerika, salad buah mulai digemari sejak tahun 1960 seiring dengan kampanye pemerintah setempat tentang kepedulian akan makanan yang alami dan sehat untuk tubuh. Salad buah Amerika mempunyai variasi yang paling banyak dan rasanya meriah.

Pada abad ke 20, salad buah Amerika terdiri dari bahan tambahan berupa sayur selada kepala renyah (iceberg lettuce), sayuran khas yang tersedia hanya di musim panas saja, atau buah – buahan kering seperti manisan apel, kismis anggur dan jeruk kalengan.

Sausnya terdiri dari minyak dan cuka, mayones, krim asam, termasuk beragam jenis saus Thousand Island dan saus French (French dressing).

Perkembangan selanjutnya, salad buah dimasing – masing negara dipengaruhi oleh jenis sayur – sayuran dan buah – buahan yang tumbuh subur di negara masing – masing terutama di negara Perancis, Inggris, Indonesia, atau Jepang maupun salad Eropa lainnya yang mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan kuliner di barat.

Mereka mulai mencampur salad buah dengan bahan lainnya seperti daging unggas, seafood berupa udang, ikan, kepiting, atau bahan penyedap berupa keju, susu, cokelat dan yogurt.

Salad buah khas Inggris yang umum dibuat sebagai hidangan pembuka adalah salad jeruk sunkist kombinasi sayur wortel, taburan kacang almond cincang dengan siraman saos jeruk lemon, madu dan bubuk cabai. Salad ini bisa dibuat sendiri di rumah beserta pengembangannya.

Selain salad buah, di Inggris juga mengenal jenis salad buah kombinasi bernama cobb salad yang tercipta dalam situasi kepepet oleh ibu – ibu karir di Inggris untuk sarapan pagi anggota keluarga mereka di rumah.

Sekitar tahun 1920, pemilik restoran The Brown Derby, Bob Cobb yang sangat terkenal sebagai sosok pekerja keras di Inggris ini merasa sangat lapar selepas seharian menjaga dan mengelola restorannya di kota London.

Begitu pulang ke rumahnya, ia hendak memasak masakan baru untuk dirinya sendiri, ia menuju ke dapur untuk mengecek bahan – bahan apa saja yang masih tersisa di kulkas untuk dapat meraciknya menjadi kudapan lezat bernama cobb salad.

Salad buah kreasi dari Bob Cobb terdiri dari potongan buah alpukat matang, cincangan daun seledri segar, irisan tomat buah, sobekan selada air segar, telur rebus dibelah dua dan diberi saos pedas, daging ayam dimasak bumbu China.

Bacon diasap dan diberi baluran pasta bawang putih, garam, penyedap rasa, merica dan bahan penyedap lainnya, lokio, dan parutan keju roquefort. Terakhir disiram dengan saos bening.

Baca Artikel Lainnya :

Sekilas anda mencicipi, coba salad memiliki rasa sama persis seperti caesar’s salad khas AS, sehingga cobb salad menjadi mendunia sejak dikenalkan di restoran Bob Cobb dan banyak artis Hollywood yang berkunjung ke The Brown Derby untuk mencicipinya variasi terbaru dari cobb salad.

Demikian kami menginformasikan tentang asal mula dari salad buah khas negeri Inggris yang populer di dunia saat ini dengan melalui banyak pengembangan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *