Mengenal Tokoh Perumus Teori Tentang Atom

Mengenal Tokoh Perumus Teori Tentang Atom – Berbicara tentang teori Atom, ilmuwan satu ini merupakan seorang tokoh yang merumuskan teori atom tersebut. John Dalton lahir pada tanggal 6 September 1766. John Dalton memang merupakan seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris dan John Dalton merupakan ilmuwan di bidang kimia, fisika dan juga meteorology.dalton

John Dalton paling dikenal karena pelopornya di dalam pengembangan teori atom modern dan penelitiannya dalam buta warna. Mengenai teori atom milik John Dalton, beliau menyampaikan lima teori atom yang telah dapat menerangkan hukum kekekalan massa milik Lavoisier serta hukum perbandingan tetap milik Proust. Meskipun dari lima teori yang John Dalton sampaikan dua diantaranya masih memerlukan peninjauan lagi.

John Dalton dilahirkan dari keluarga Quaker dari Inggris. Ayah John Dalton merupakan seorang tukang tenun. John Dalton mendapatkan pendidikan dasarnya dari ayahnya sendiri dan dari Quaker John Fletcher yang menjalankan sekolah pribadi di Pardshaw Hall.

Dengan keluarganya yang terlalu miskin untuk mendukung John Dalton dalam waktu yang lama sehingga John Dalton mulai untuk mencari nafkah sendiri ketika John Dalton berumur 10 tahun menjadi pelayan keluarga Quaker local yang kaya yaitu Elihu Robinson. Diceritakan John Dalton mulai mengajar di sekolah local ketika John Dalton berumur 12 tahun dan John Dalton pandai berbahasa Latin ketika John Dalton berumur 14 tahun.

John Dalton bergabung dengan saudara laki – lakinya Jonathan ketika berumur 15 tahun. Ketika John Dalton berumur 23 tahun bermaksud belajar di bidang hukum atau kedokteran tetapi keluarganya tidak mendukungnya kemudian John Dalton dihalangi dari menghadiri universitas Inggris.

John Dalton memperoleh kebanyakan pengetahuan ilmu pengetahuan dari instruksi non formal dari John Gough yang merupakan seorang filsuf buta yang dihadiahkan dalam bidang ilmu pengetahuan dan seni. Ketika John Dalton berumur 27 tahun, John Dalton menjadi guru matematika dan filosofi alam di New College di Man hester.

John Dalton bekerja di sana sampai John Dalton berumur 34 tahun ketika kampus tersebut mengalami situasi keuangan yang semakin memburuk membuatnya mulai mencari pekerjaan baru sebagai guru privat untuk pelajaran matematika dan filosofi alam.

John Dalton yang merupakan seorang guru di Manchester, Inggris ini terkenal karena teori atom di buku yang John Dalton tulis berjudul New System of Chemical Philosophy di tahun 1803.

John Dalton mengatakan tentang materi yang terdiri dari atom yg tidak bisa dibagi kembali. setiap unsure terdiri dari atom – atom yang mana sifat dan massa identik seta senyawa terbentuk apabila atom yan berasal dari bermacam – macam dalam komposisi yang tetap. Penemuannya ini berlandaskan dari sebuah percobaan. John Dalton meninggal dunia pada tanggal 27 Juli 1844.

Baca juga : Salah Satu Pakar Statistik yang Berpengaruh di Bidang Pertanian

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *