Tokoh yang Berjasa di Bidang Fisika dan Astronomi

Tokoh yang Berjasa di Bidang Fisika dan Astronomi – Nama Galileo Galilei tidaklah asing bagi kita yang pernah belajar fisika dan astronomi di sekolah. Galileo Galilei merupakan alah satu tokoh ilmuwan yang memiliki pengaruh yang besar di dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan revolusi ilmiah di bidang fisika dan astronomi modern di zaman Renaissance.galileo

Galileo Galilei merupakan seorang ilmuwan yang menggeluti bidang astronomi, fisika, teknik, filosofi dan juga matematika. Galileo Galilei merupakan seorang ilmuwan berkebangsaan Italia. Galileo Galilei sering disebut sebagai bapak pengamatan astronomi, bapak fisika modern dan juga bapak ilmu pengetahuan.

Galileo Galilei lahir pada tanggal 15 Februari 1564 di Pisa, Italia. Galileo Galilei merupakan anak pertama dari enam bersaudara dari seorang ayah yang bernama Vincenzo Galilei yang merupakan seorang seniman ternama dalam hal memainkan music, composer dan juga pakar music. Ibu Galileo Galilei bernama Giulia Ammannati. Dari ke enam bersaudara tersebut hanya empat orang yang dapat bertahan sejak masih kecil.

Ketika Galileo Galilei berumur delapan tahun, keluarganya panda ke Florensia tetapi Galileo Galilei pergi bersama dengan Jacopo Borghini selama dua tahun. Galileo Galilei kemudian bersekolah di Camaldolese Monastery yang berlokasi di Vallombrosa dengan jarak 35 km sebelah tenggara Florensia.

Kontribusi Galileo Galilei terhadap pengamatan astronomi termasuk orang pertama yang menkonfirmasi penggunaan teleskop untuk mengamati astronomi, penemuan satelit Jupiter dan pengamatan dan analisis bintik matahari. Galileo Galilei memang bukan orang yang membuat teleskop untuk pertama kalinya tetapi Galileo Galilei lah yang membuat teleskop lebih baik untuk pengamatan luar angkasa.

Sehingga teleskop buatan Galileo Galilei sempat digunakan untuk pelayaran bagi pedagang pada masa itu. Galileo Galilei juga bekerja dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya mengembangkan kompas militer dan alat – alat lainnya.

Sumbangsih Galileo Galilei di dalam ilmu pengetahuan diantaranya di dalam pengamatan astronomi dan hukum dinamika atau hukum gerak pertama dan ke dua. Kalau belajar fisika selama sekolah menengah pasti masih mengingat hal tersebut.

Galileo Galilei juga menjadi salah satu yang memiliki pendapat yang sama dengan Copernicus tentang peredaran bumi berbentuk bulat mengelilingi matahari serta matahari merupakan sistem tata surya.

Pada masa itu, banyak sekali yang menentag pendapat tersebut karena bertentangan dengan apa yang diajarkan Aristoteles. Hal ini lah yang menyebabkan Galileo Galilei mendapatkan hukuman dengan tidak diizinkan ke luar rumah hingga Galileo Galilei meninggal dunia.

Hal ini terjadi karena pusat kekuatan keagamaan saat itu meyakini bahwa bumi merupakan pusat alam semesta dan ini bertolak belakang dengan pendapat Galileo Galilei yang mana menyatakan bahwa mataharilah yang menjadi pusat alam semestanya. Pada tahun 1642, kesehatan Galileo Galilei mulai memburuk dan Galileo Galilei menderita demam yang tinggi sehingga Galileo Galilei meninggal pada tanggal 8 Januari 1642 ketika berumur 77 tahun.

Baca juga : Salah Satu Pakar Statistik yang Berpengaruh di Bidang Pertanian

Loading...

One thought on “Tokoh yang Berjasa di Bidang Fisika dan Astronomi

  1. Pingback: Ilmuwan Penemu Inti Atom yang Mendapatkan Penghargaan Nobel Fisika | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *