Mengenal Tokoh yang Pertama Kali Membedakan Golongan Darah

Mengenal Tokoh yang Pertama Kali Membedakan Golongan Darah – Tokoh ini bernama Karl Landsteiner. Karl Landsteiner dilahirkan pada tanggal 14 Juni 1868. Karl Landsteiner merupakan seorang ilmuwan di bidang biologi dan fisika.karl

Karl Landsteiner merupakan seorang Austria yang juga merupakan keturunan Yahudi. Karl Landsteiner merupakan ilmuwan yang pertama kali melakukan pembedaan pada darah manusia menjadi empat golongan darah yang utama pada tahun 1900.

Empat golongan darah tersebut yaitu A, O, B, dan AB. Kemudian dari penemuan Karl Landsteiner inilah selanjutnya dikembangkan sistem modern untuk mengelompokkan golongan darah dari identifikasi keberadaan agglutinin di dalam darah dan Alexander S. Wiener melanjutkan penelitian mengenai faktor Rh di tahun 1937 sehingga transfuse darah bisa dilakukan oleh dokter tanpa khawatir membahayakan pasien saat itu.

Karl Landsteiner bersama dengan Constantin Levaditi dan Erwin Popper, Karl Landsteiner menemukan virus polio di tahun 1909. Karl Landsteiner menerima hadiah ‘Arason Prize’ di tahun 1926.

Pada tahun 1930 Karl Landsteiner menerima penghargaan Nobel di Bidang Fisiologi atau Kedokteran. Setelah Karl Landsteiner meninggal pun, Karl Landsteiner masih mendapatkan kehormatan untuk mendapatkan penghargaan Lasker Award di tahun 1946 dan oleh karena itulah, Karl Landsteiner dikenal sebagai bapak dari transfusi kedokteran.

Karl Landsteiner memiliki ayah yang bernama Leopold yang merupakan seorang jurnalis namun meninggal ketika berumur 56 tahun, dan saat itu Karl Landsteiner masih berumur enam tahun. Sepeninggalan ayahnya membuat Karl Landsteiner sangat dekat dengan ibunya yang bernama Fanny. Setelah Karl Landsteiner lulus dari sekolah menengah Viena, Karl Landsteiner mengambil keputusan untuk belajar kedokteran di Universitas Vienna kemudian melanjutkan sampai tingkat doctoral dimana Karl Landsteiner menulis tesisnya di tahun 1891.

Ketika Karl Landsteiner masih menjadi seorang mahasiswa Karl Landsteiner mempublikasikan sebuah esai mengenai pengaruh diet atau pengaturan pola makan terhadap komposisi darah. Dari tahun 1891 hingga 1893, Karl Landsteiner mempelajari kimia di Wurzburg, Munchen dan di Zurich di bawah asuhan beberapa pakar di bidangnya.

Banyak sekali tulisan yang dipublikasikan selama periode tersebut. Karl Landsteiner diajak untuk menduduki posisi di pusat penelitian kedokteran Rockefeller Institute di Amerika Serikat di tahun 1922.

Mengenai penelitiannya mengenai golongan darah. Semuanya dimulai pada tahun 1900 dimana Karl Landsteiner menemukan bahwa darah dari dua orang di bawah kontak agglutinate dan pada tahun 1901 Karl Landsteiner juga menemukan bahwa hal tersebut dikarenakan adanya kontak dara dengan serum darah.

Dari hasil penelitian tersebut Karl Landsteiner berhasil mengidentifikasi tiga golongan darah (A, B dan O). Karl Landsteiner juga menemukan bahwa transfuse darah antara dua orang dengan golongan darah yang sama tidak membuat kehancuran pada sel darah. Berdasarkan penemuan Karl Landsteiner, pada tahun 1907, berhasil dilakukan transfuse darah oleh Reuben Ottenberg di RS mount Sinai di New York. Karl Landsteiner meninggal pada tanggal 26 Juni 1943 ketika Karl Landsteiner berumur 75 tahun.

Baca juga : Ronald Ross, Ilmuwan Bidang Kedokteran

Loading…

One thought on “Mengenal Tokoh yang Pertama Kali Membedakan Golongan Darah

  1. Pingback: Penemu Sinar – X atau Lebih Dikenal dengan Sinar Rontgen | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *