Mengenal Wisata Kuliner Khas Bali, Sayur Serombotan Dari Klungkung

Apakah anda pernah jalan – jalan ke kota Jogja, dimana kota ini adalah kota yang terkenal dengan banyaknya tempat – tempat wisata yang dapat anda nikmati dengan segala objek wisata yang ditawarkan kepada oara pelancong.

h 87

Jogja menyediakan seribu satu jenis objek wisata yang rata – rata menjadi favorit para wisatawan asing maupun turis domestik. Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner.

Untuk para kawula muda, kota Jogja adalah kota yang strategis untuk membuka bisnis usaha kecil berupa bisnis kuliner karena di tempat ini mudah dijumpai tempat nongkrong orang – orang untuk bersantai sambil menikmati jajanan khas Nusantara yang berasa lezat di lidah tetapi dibandrol dengan harga murah.

Nongkrong merupakan aktivitas yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan kawula muda.

Seperti halnya kota Jogja di atas, di pulau Bali selain terkenal sebagai pulau yang kaya akan potensi wisata alamnya yang natural sehingga membuat banyak turis dari seluruh penjuru dunia suka berkunjung ke pulau ini untuk bersenang – senang, juga pulau Bali banyak menyimpan kekayaan kuliner yang wajib untuk anda cicipi dan beri acungan jempol.

Salah satu wisata kuliner di Bali yang memiliki penggemar cukup banyak adalah masakan sayur – mayur bernama Serombotan Kelungkung.

Untuk lebih jelasnya, jika anda baru pertama kali mendengar nama masakan ini, mungkin agak asing di telinga karena masakan ini kurang begitu populer di luar pulau Bali ? Maka dari itu, ada baiknya anda membaca penjelasan kami lebih detail di bawah ini.

Serombotan Klungkung : Masakan Sayur – Mayur Khas Bali

Sesuai dengan namanya, sayur khas Bali ini berasal dari kota Kelungkung, Bali. Kota ini termasuk wilayah Bali Timur yang bisa ditempuh sekitar 1 jam 30 menit dari Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali.

Namun saat ini sayur serombotan mudah didapat di kota – kota lainnya di Bali seperti pasar Kreneng, pasar Kumbasari, pasar Kuta, pasar Jimbaran, dan warung – warung makan tradisional di pasar Sanglah dan sekitarnya.

Seperti namanya, sayur serombotan Kelungkung, masakan ini merupakan makanan khas Bali yang terdiri dari bahan dasar berupa sayur – sayuran segar yaitu kecambah, kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, dan terong bulat/terong Bali.

Semua jenis sayuran ini direbus dengan api sedang agar mendapatkan kematangan yang sempurna kecuali terong dan kecambah dibiarkan dalam kondisi mentah dan segar.

Selanjutnya semua sayur dipotong – potong untuk mempermudah penyajian. Bahan pendukung lainnya adalah kacang goreng seperti kacang merah, kacang tanah, atau kacang hitam sehingga orang menyebutnya dengan serombotan kacang.

Bumbu untuk menyiram sayur serombotan ada 3 jenis yaitu sambal kelapa parut atau lebih dikenal dengan nama “ sambal nyuh ”.

Sebelum diparut, kelapa tua dibakar diatas api kecil, kemudian diparut dan dicampur dengan bawang putih, cabai, garam, terasi, penyedap rasa dan sedikit gula Bali, semua bumbu ini dihaluskan bersama sedikit air bersih lalu diberi perasan jeruk limau dan sedikit minyak kelapa.

Bumbu kedua adalah bumbu kacang, merupakan campuran kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk halus, bawang putih, cabai, garam, terasi, penyedap rasa dan gula Bali. Selanjutnya bumbu halus digoreng dengan sedikit minyak kelapa supaya matang dan tahan lama.

Bagi mereka yang suka pedas, pakailah bumbu terakhir adalah bumbu “ uyah sere limo “. Terdiri dari cabai, garam,terasi, penyedap rasa dan perasan buah jeruk purut dicampur dengan sedikit air bersih dan minyak kelapa.

Penyajian sayur ini sangat sederhana dan harganyapun tidak mahal, sebungkus serombotan Kelungkung rata – rata dijual dengan harga Rp 2.000 per porsi.

Mereka dibungkus dengan selembar daun pisang, makanan ini begitu populer dan sangat digemari oleh pecinta wisata kuliner Bali. Lebih nikmat jika ditemani dengan sepiring nasi hangat atau irisan ketupat dan kerupuk.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk mendapatkan cita rasa asli dari sayuran ini, anda jalan – jalan saja ke kota Kelungkung, mampirlah ke pasar senggol di pusat kota Kelungkung yaitu sebelah utara kantor Bupati Klungkung. Pasar  senggol ini mulai dibuka dari jam 3 sore hingga jam 11 malam.

Lokasinya berjarak sekitar 5 menit berjalan kaki dari objek wisata Kerta Gosa di kabupaten Kelungkung, merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Demikian info dari kami, semoga ada yang berminat dan Semoga bermanfaat Ya !!!!

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *