Mengetahui Asal Muasal Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Mengetahui asal usul dari Nenek Moyang bangsa Indonesia tidaklah semudah yang dilakukan oleh bangsa di Eropa dan juga di Timur Tengah. Eropa dan Timur Tengah memang perlu diakui memiliki catatan sejarah yang jelas sehingga dengan mudah mengetahui sejarah Nenek Moyang mereka.

fi 40

Berbeda dengan Indonesia yang penelusuran terhadap bukti sejarah pertama Nenek Moyang sangat sulit untuk dilakukan. Hal ini bisa jadi disebabkan karena kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan sehingga di setiap daerah ada kemungkinan terdapat daerah yang terisolasi.

Kemungkinan adanya daerah yang masih terisolir dari dunia luar menjadikan masih ada kemungkinan Nenek Moyang berasal dari daerah tersebut. Namun diperkirakan nenek moyang bangsa Kita sudah ada sejak zaman pra sejarah, dan jauh sebelum kepulauan ini dikenal sebagai satu nusantara.

Catatan sejarah membuktikan asal muasal bangsa Kita dimulai sejak abad ke empat. Dimana ditemukan di provinsi Jawa Barat dan juga di Kalimantan Timur. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan berbagai fosil dan beberapa benda yang masuk ke zaman Megalitikum.

Sejarah Bangsa Indonesia Secara Geologis

Untuk mengetahui asal muasal keberadaan nenek moyang Indonesia maka diperlukan penelitian kepada masyarakat modern Kita. Dari sini Kita dapat menemukan bahwa letak geografis negara Kita berawal dari terpisahnya Benua Asia dengan adanya Laut Asia Tenggara. Negara Kita muncul karena adanya peristiwa tumbukan antara Lempeng India dengan Lempeng Benua Australia.

Hal inilah yang menjadikan Indonesia muncul dari dasar Laut Asia tenggara, dan terbentuk karena adanya guncangan tektonik sekitar 65 juta tahun silam.

Awalnya kepulauan di tanah air tidak terlihat seperti sekarang ini, adanya letusan dan guncangan tektonik secara terus-menerus. Kemudian membentuk sebuah negara dengan bentuk kepulauan yang saling terpisahkan oleh perairan atau lautan. Pada periode Pleistocene negara Indonesia mulai memperlihatkan bentuk kepulauannya yang bisa serupa seperti sekarang ini.

Seiring berjalannya waktu kemudian menjadikan suhu di muka bumi meningkat dan berdampak pada mencairnya es di gunung kutub selatan. Hal ini menjadikan kepulauan Sunda pada akhirnya terendam air laut dan membentuk selat Malaka seperti yang terlihat di masa sekarang ini.

Ditemukannya Fosil Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Pada tahun 2007 di Sangiran, para peneliti menemukan keberadaan fosil manusia, yang dianggap sebagai fosil tertua. Hal ini terlihat dari keberadaan luka gores yang bisa jadi disebabkan oleh goresan perabotan dari cangkang. Goresan ini diperkirakan terbentuk sekitar 1,6 juta tahun yang telah lalu dan menjadikannya sebagai manusia pertama yang tinggal di Indonesia.

Hal ini memberikan tanda bahwa nenek moyang bangsa Kita pertama kali tinggal di Sangiran ini. Berlanjut pula pada penemuan fosil tua yang ada di daerah Ngandong dan kepulauan Flores.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *