Mengetahui Fotografi Wedding Apa Dan  Bagaimana Memahaminya

Ketika anda sedang membuka kfk.kompas.com, anda akan menjumpai sebuah tulisan yang mewajibkan anda untuk membacanya dengan teliti. Tulisan ini berjudul “ Memahami Fotografer Perkawinan ” yang ditulis oleh Arbain Rambey.

Mengapa anda wajib membacanya ? Karena sejak pertama kali buku tersebut terbit pada tahun 2008, anda akan mulai serius menggeluti bidang Fotografi Pernikahan (Wedding Photography).

l 120

Fotografi perkawinan pada beberapa situasi dan kondisi saat ini telah menjadi bisnis yang cerah dan menjanjikan untuk dinikmati. Umumnya orang yang menyerahkan masalah fotografi pernikahannya kepada usaha anda adalah karena mereka percaya anda bisa mengabadikan momen paling penting dalam keluarga mereka saat itu.

Tidaklah mengherankan jika bisnis fotografi wedding saaat ini tidak pernah surut sejalan dengan besarnya niat orang untuk melangsungkan pesta pernikahan, terutama di negara – negara berkembang seperti Indonesia pada kota – kota besar.

Dan, dengan makin maraknya penggunaan kamera digital, maka makin banyak orang yang mampu dan menguasai kegiatan memotret dengan baik, tentu saja hal ini menyebabkan bisnis fotografi perkawinan di Indonesia semakin dijejali oleh muka – muka baru dengan aneka tarif.

Percayalah, saat ini jika anda memilih untuk serius atau fokus mendalami profesi fotografer wedding, maka jalan hidup anda bisa berubah dengan drastis.

Dimana hal ini sudah terbukti bahwa banyak pemula pada bisnis ini yang rela tidak dibayar terlebih dahulu untuk mengabadikan momen – momen penting dari kehidupan orang lain karena mereka sedang mengumpulkan portofolio terbaik untuk modal mengumpulkan dana dan mencari banyak pelanggan agar bisnis yang mereka akan kelola nanti menjadi semakin maju.

Cantik dan ganteng.

Seperti diketahui bahwa Rubrik Klinik Fotografi Kompas (KFK) dibuat berdasarkan wawancara dengan Deddy Barros, seorang fotografer perkawinan profesional dan papan atas di Jakarta, Indonesia, terutama untuk mengabadikan perkawinan adat di Nusantara.

Pria mantan pemusik ini dapat anda temui sedang memotret gambar – gambar eksklusif pada sebuah keluarga yang sedang menggelar perkawinan di gedung – gedung terkemuka di Jakarta dan kota – kota besar lainnya di Indonesia.

Menurut Deddy Barros, ada beberapa hal terpenting dalam fotografi perkawinan yang patut untuk dipelajari dan diingat oleh para pemula. Hal terpenting dalam bisnis ini adalah kedua mempelai harus terlihat banyak senyum, memasang seraut wajah ramah dan menawan yang memancarkan aura cantik dan ganteng dari kedua mempelai.

” Fotografer perkawinan harus bisa bekerja sama dengan periasnya dan penata ruangan. Kalau perlu, mereka bisa menjadi tim tetap agar bisa saling tahu dan saling bantu untuk mendapatkan gambar akhir yang terbaik. Kunci utama adalah selalu menjalin hubungan dengan perias – perias mereka sehingga fotografer tahu persis karakter kedua mempelai melalui wajah yang telah dirias oleh mereka, ” papar pria asal Tasikmalaya ini.

Hal kedua adalah masalah pendekatan yang terlebih dahulu dadakan kepada kedua keluarga besar secara pribadi untuk mengetahui selera mereka yang sangat beragam.

Hal ketiga adalah jangan sampai ada momen paling kecil atau adegan yang terlewatkan. Fotografi perkawinan handal adalah mengumpulkan kenang – kenangan seumur hidup yang diharapkan hanya terjadi satu kali saja.

Adegan – adegan seperti seserahan, siraman pada beberapa adat, detail pelaminan, dan juga foto kedua mempelai bersama keluarga dekat dalam balutan busana pengantin adat daerah masing – masing, jika sampai terlewatkan begitu saja sungguh tak termaafkan dan sangat sayang jika tidak diabadikan.

Dengan beragam tipe perkawinan adat di Indonesia, seorang fotografer perkawinan dituntut harus mampu menguasai urutan – urutan aneka adat di masing – masing daerah, kalau perlu membayar ahlinya untuk melakukan pengarahan di lapangan.

Pertanyaan yang cukup sering mengusik untuk pemula dibidang ini adalah, berapa tarif wajar untuk fotografi perkawinan, seperti diulas di atas ? Bisnis ini ternyata mampu memberikan uang dalam jumlah yang besar.

Baca Artikel Lainnya :

Bahkan jika anda beruntung, pelanggan fanatik tidak pernah menawar. Tapi untuk bisa menjadi seorang yang profesional, mulailah dengan memasang tarif rendah terlebih dulu sambil menanti dengan sabar hasil yang memuaskan. Jangan pernah mengecewakan calon dan para pelanggan anda karena keahlian anda akan segera tersiar dari mulut ke mulut, jelas Pak Deddy menutup ulasan singkat beliau tentang fotografi wedding.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

2 thoughts on “Mengetahui Fotografi Wedding Apa Dan  Bagaimana Memahaminya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *