Mengetahui Gejala -Gejala Kurang Darah ( Anemia )

Mengetahui Gejala -Gejala Kurang Darah ( Anemia )  – Kurang darah atau anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh menurunnya jumlah darah merah. Biasanya penyakit kurang darah ini disebabkan oleh kekuranganya zat besi dan juga vitamin B12. Selain itu, kadar sel darah memiliki kandungan komposisi hemoglobin, yang memiliki fungi utama untuk menghantarkan oksigen keseluruh sel dalam tubuh manusia.

1Jika kekurangan sel darah merah atau anemia ini akan mempengaruhi proses transportasi oksegan dan juga karondioksida didalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya gejala – gejala dan tanda – tanda kekurangan darah atau anemia sebagai berikut ini.

1.Lesu dan lemas

Jika sudah mempunyai tanda – tanda mudah lesu dan lemas itu merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit anemi atau kekurangan darah. Oleh karena itu, gejala ini harus diketahui agar anda lebih mengenal penyakit anemia ini dengan baik.

2. Jantung berdebar-debar

Namun, juga memiliki tanda – tanda jantung berdebar – debar tanpa sebab itu juga merupakan salah satu gejala kekurangan sel darah merah. Biasanya hal ini dikarenakan kekurangan vitamin B12 yang sangat terlalu parah, sehingga menimbulkan hal tersebut.

3. Napas setengah – tengah

Napas setengah – tengah atau tidak sepenuhnya ternyata merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh kekurangan darah atau anemia. Biasanya tanda – tanda ini muncul pada saat melakukan olehraga berlebihan atau aktivitas berlebihan lainnya.

4. Sakit kepala dan pucat

Gejala ini memang sangat umum bagi penderita yang kekurangan darah, bahkan juga akan memiliki wajah pucat. Hal itu dikarena aliran sel darah merah terhambat dan tidak berkerja dengan maksimal didalam tubuh. Selain itu, akan juga menimbulkan beberapa tanda – tanda lainnya berupa akan menghayal dan berdiri tidak tegak.

5. Kaki kesemutan atau kedinginan

Tanda – tanda penyakit kekurangan darah ini memang sering terjadi, dan juga ini terjadi pada malam hari. Namun, jika kekurangan darah sangat parah akan juga mengakibatkan kaki mudah kesemutan, dan bahkan juga akan kaki akan sangat sulit bergerak. Hal itu dikarenan aliran sel darah merah tidak berjalan dengan baik.

6. Sulit tidur

Namun, apabila kekurangan darah yang paling terakhir adalah kesulitan tidur. Bahkan akan mengakibatkan insomnia jika tidak diobati dengan segera. Oleh karena itu, jika anda sudah memiliki tanda – tanda sulit tidur ini harus segara di atasi dengan beberapa obat alami dan juga obat lainnya yang dapat meningkatkan sel darah merah didalam tubuh.

Penyebab penyakit kekurangan darah ini biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan juga kekurangan zat besi. Selain itu, juga penyakit anemia atau kekuranga darah ini juga disebabkan oleh penyakit kronis, kehamilan, dan juga kehilangan banyak darah saat menstruasi.

Namun, untuk mengetahui penyebabnya lebih jelas dan detail sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut. sedangkan untuk penangganan penyakit anemia ini dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan banyak mengandung vitamin B12 dan zat besi serta kandungan suplemen lainnya.

Baca juga :Mengenal Pengertian Meiosis

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *