Mengetahui Kesalahan Fotografi Pemula Yang Seharusnya Dihindari

Mengetahui Kesalahan Fotografi Pemula Yang Seharusnya Dihindari – Ketika anda memutuskan untuk benar – benar akan menekuni profesi sebagai seorang fotografi handal maka perlu diingat bahwa pada tahap awal, anda akan sering membuat sebuah kesalahan kecil/besar yang disengaja atau tidak disengaja.

sayure

Sebagian orang yang beruntung adalah mereka yang memiliki bakat ini sehingga dengan cepat mampu menghasilkan gambar – gambar terbaik bahkan hanya dengan peralatan seadanya. Sebagian lagi akan berusaha ekstra keras untuk berhasil menjepret atau membidik gambar yang menarik.

Seringkali hal ini harus disertai mood yang sehat untuk mampu menghasilkan gambar – gambar yang cemerlang. Sebaiknya anda belajar dari kesalahan para pendahulu dengan menyimak beberapa kesalahan fotografi profesional yang umum dilakukan berikut ini :

1). Subjek yang kurang menonjol

Anda mungkin tidak sengaja menempatkan beberapa benda / elemen yang tidak perlu ke dalam frame.

Apalagi elemen tersebut tampil terlalu tajam sehingga mampu mengacaukan perhatian viewer terhadap sudut pandangan yang secara tidak langsung tertuju kepada subjek. Untuk menonjolkan subjek yang anda maksud maka anda perlu memahami tentang depth of field dan bokeh.

Mengetahui tentang penggunaan aperture lebar, memperjauh jarak subjek ke background, dan penggunaan lensa tele untuk tujuan mempersempit area tajam / DOF sehingga subjek dengan sendirinya akan terekam lebih menonjol bukan pada area lain yang melatarbelakangi gambar.

2). Memotong bagian tubuh subjek

Saat memotret kita perlu melihat ke seluruh area frame, termasuk area pojok dan pinggiran, adakah suatu keganjilan disana.

Misal subjek manusia dengan kaki atau tangan yang terpotong, atau hewan tanpa telapak kaki. Hal ini juga sering terjadi dalam foto landscape seperti ujung pohon yang terpotong. Belajar untuk melihat subjek seutuhnya dan konsentrasi terhadap keseluruhan area dalam frame, serta memutuskan untuk memasukkan atau mengeluarkan sebuah benda/elemen bisa dilakukan untuk menghindari kesalahan ini.

3). Berfikir bahwa peralatan mewah saja sudah cukup

Memang benar anggapan bahwa peralatan mewah dan lengkap akan banyak membantu anda dalam menghasilkan gambar – gambar yang lebih menarik, lebih tajam, dan lebih mudah bagi anda para pemula untuk bereksperimen.

Namun pada beberapa kesempatan, seringkali ditemukan fotografer profesional yang suka menggunakan kamera digital biasa tapi mampu menghasilkan gambar – gambar jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan newbies dengan mengandalkan kemewahan semata.

Perbedaannya adalah terletak pada ilmu dan pengalaman, semakin banyak anda mencoba dan belajar dari kesalahan serta anda suka membaca ilmu fotografi maka merupakan kunci utama untuk menghasilkan koleksi foto yang menarik.

4). Tidak memperhatikan area background

Background adalah bagian dari sebuah gambar. Menarik atau tidaknya sebuah gambar yang anda bidik tergantung pada area background. Area foreground, middle maupun background utama harus mendapat perhatian lebih fokus, tanpa pengecualian.

Dalam fotografi landscape misalnya, background memegang peranan yang sangat penting. Contohnya adalah langit biru akan menghasilkan gambar lebih tajam dan menarik daripada langit pada waktu malam hari, gelap dan melambangkan kesuraman, atau foto portrait dengan bokeh lembut terhadap bagian background, dimana subjek akan tampil lebih menarik.

Hindari background yang semrawut, terutama untuk subjek portrait dengan warna – warna background yang norak dan usahakan pilih warna lebih gelap daripada subjek.

5). Jarang menggunakan kamera

Setajam apapun pisau yang akan anda gunakan buat memotong sesuatu maka tidak akan bermanfaat jika tidak dimanfaatkan secara optimal.

Sebaik / secanggih apapun kamera yang anda miliki tidak akan bermanfaat sempurna jika anda tidak pernah menggunakannya dengan rutin, maka gunakanlah kamera yang anda miliki paling tidak 10 menit setiap hari.

Baca Artikel Lainnya :

Maka hal ini akan mampu melatih kemampuan anda dalam menyalurkan hobi dan tentu saja bisa tetap menjaga minat anda dalam fotografi.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat buat para pembaca yang budiman !

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *