Mengetahui Tanda, Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks

Mengetahui Tanda, Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks – Kanker serviks atau di kenal dengan sebutan kanker mulut rahim adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya terutamanya bagi seorang wanita. Kanker serviks ini menyerang organ reproduksi wanita , tepatnya di bagian mulut rahim atau dengan istilahnya di bagian kemaluan pada wanita.

Menurut dari data WHO penderita serviks ini tercatat sudah sepertiga, setiap tahunnya pastinya banyak seorang wanita tua maupun mudah mengalami kematian karena menderita penyakit kanker serviks tersebut. Sehingga sebagian para ahli mengatakan bahwa penyakit kanker serviks ini merupakan penyakit tingkat atas yang menyebabkan kematian wanita di dunia.

Penyebab Kanker Servik

Kanker serviks di sebabkan oleh Human Papilloma Virus ( HPV ), tetapi yang menyebabkan kematian seorang wanita adalah Virus HPV Tipe 16 dan 18. Virus ini sangat berbahaya dan juga penyebaran sangat cepat mulai dari sentuhan, keringan, penggunaan barang tertentu dari orang lain, melakukan seksual, dan juga menggunakan toilet yang sudah terserang dengan penyakit ini.

Selain itu, dengan melakukan kebiasanya yang tidak baik ternyata dapat juga menyebabkan penyakit kanker serviks ini timbul. Kebiasaan itu berupa merokok, meminum alkohol, kurang vitamin dan juga kurangnya asupan nutrisi lainnya.

Tanda wanita menderita kanker serviks

Memang penyakit ini memiliki tanda atau ciri yang tidak begitu cepat sekitar 10-20 tahun, baru bisa mengetahui tanda dan ciri menderita penyakit tersebut. Namun, jika dalam kesulitan untuk mengetahui tanda – tanda menderita penyakit ini biasanya melakukan pemeriksaan yang telah di sarankan oleh dokter. Pemeriksaan itu berupa Test Pap Smear setidaknya di lakukan 2 kali dalam setahun serta melakukan pemeriksaan Test IVA ( Inspeksi Visual Asam Asetat ).

Namun, bisa di ketahui juga seorang wanita yang mengalami atau menderita penyakit kanker serviks yang sudah lama yaitu antara lain :

  • Saat melakukan hubungan seksual dengan lawan jenisnya akan merasakan kesakitan yang luar biasa, bahkan juga di sertai dengan pendarahan yang berlebihan.
  • Akan mengalami keputihan yang tidak normal, dan juga pendarahan yang berlebihan.
  • Sering merasakan kesakitan pada daerah pinggung.
  • Merasakan sakit saat buang air kecil.
  • Saat menstruasi akan mengeluarkan darah dalam jumlah yang relatif banyak.
  • Dan seorang wanita yang sudah mengalami stadium lanjut, akan mengalami rasa sakit di bagian paha, pinggung, bahkan membengkak. Sehingga akan mengakibatkan kesulitan buang air besar dan lainnya.

Pencegahan Kanker Serviks

Bagi yang belum menderita penyakit ini, harus melakukan pencegahan dengan cara sebagai berikut ini.

  • Menjaga pola hidup dengan sehat dan juga terjaga.
  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Membersihkan bagian kemaluan pada wanita.
  • Menghindari berhubungan inti usia dini.
  • Melakukan pemeriksaan Test Pap Smear dengan teratur
  • Memperbanyak menkonsumsi buah dan sayuran dengan maksimal

Demikianlah ulasan mengenai semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan berguna bagi para pembaca. Jangan lupa juga untuk mempublikasikannya di bawah ini.

Baca Juga : Inilah Beberapa Makanan Yang Menyebabkan Kanker Serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *