Mengetahui Tentang Asal Mula Pohon Kurma Di Indonesia

Apakah anda mengetahui bahwa hingga sekarang para ilmuan masih berselisih pendapat tentang sejarah atau asal muasal pohon kurma di Indonesia menjadi tanaman komersil bernilai jual sangat mahal terutama pada buahnya ?

Menurut Erdowardo Bakari, pakar tumbuhan palem – paleman asal Italia, yang dikutip oleh Dr. Ahmad Syauki Ibrahim dalam bukunya bertajuk Mausu’ah Al ‘I’jaz Al-Ilmi Fil Hadits An-Nabawi atau Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Hadits Nabi menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis tanaman kurma yang tidak bisa tumbuh dengan baik kecuali pada daerah subtropis yang mempunyai curah hujan yang sangat jarang.

o 19

Tetapi tidak kering karena akar – akar pohon jenis ini memerlukan air yang cukup tetapi jangan sampai berlebihan yang menyebabkan ia berjuang melawan kadar air asin dalam kelebihan air tersebut.

Menurut Dr. Ahmad Syauki Ibrahim merujuk dari penjelasan Erdowardo tersebut di atas menunjukkan bahwa asal mula pohon kurma pertama kali ditemukan di daerah teluk Arab karena karakteristik daerahnya cocok seperti disebutkan oleh Erdowardo Bakari, berlokasi di daerah sepanjang pesisir teluk Arab dan selatan India atau yang beriklim serupa yaitu di lembah antara sungai Tigris dan lembah sungai Nil.

Pohon kurma telah lama tumbuh subur yaitu sejak zaman dahulu kala bahkan sebelum manusia diciptakan. Jika anda mengenal kisah Nabi Adam saat beliau turun pertama kali ke bumi, beliau telah mendapati bahwa bumi ini dihuni oleh beragam jenis tanaman yang salah satunya adalah pohon kurma. Pada sebuah kuburan Mesir kuno di Kairo.

Ditemukan mumi yang terbungkus oleh tikar terbuat dari pelepah daun tanaman kurma yang dikeringkan. Ditemukan juga sebuah pohon kurma tua utuh di pinggir sebuah kuburan kuno di daerah Shakra Mesir dan kuburan itu telah ada sejak 3200 tahun sebelum masehi yang menjadi bukti nyata bahwa di daerah tersebut dulu pernah menjadi ibukota Al-Wadi Al-Jadidi.

Mesir dengan ditemukannya sisa – sisa pohon kurma dari zaman batu yang dulu dijadikan sebuah taman istana oleh ratu yang berkuasa.

Selanjutnya pohon kurma disebarluaskan ke Indonesia oleh pedagang besar dari Mesir dimana manfaat pohon kurma telah terkenal sejak jaman dahulu kala sebagai tanaman dengan buah multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh seorang wanita.

Melongok ke masa lalu, dari berbagai penemuan yang bersifat artesar, di Mesir erat kaitannya dengan jenis pohon kurma di Indonesia, sama – sama menjadi bagian terpenting bagi kedua masyarakat penganut agama Muslim terbesar di dunia.

Baca Artikel Lainnya :

Mereka suka memanfaatkan keseluruhan pohon kurma, mulai dari batangnya yang kokoh sangat baik digunakan sebagai pondasi rumah. Pelepah kurma bagus dimanfaatkan sebagai atap rumah tradisional yang bernilai budaya tinggi seperti rumah adat orang Bali di Indoneisa dan juga sebagai bahan tikar.

Yang paling penting dan disukai adalah buahnya berasa sangat manis sebagai makanan yang bisa disimpan sepanjang tahun untuk manfaat penunjang kebutuhan pokok makanan ketika anda usai melakukan diet.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *