Mengetahui Tentang Asal – Usul Dan Sejarah Hantu Sadako

Negeri matahari terbit atau populer dengan nama Jepang sejak jaman dulu dikenal sebagai salah satu negara yang mempunyai banyak kisah – kisah legenda dan mengharukan untuk anda ketahui, dimana hingga saat ini masih sangat melekat dalam warga asli Jepang.

Salah satu diantaranya adalah kisah legenda hantu wanita cantik bernama Sadako.

p 97

Saat ini Jepang termasuk sebagai salah satu negara modern yang tak pernah lepas dari seribu satu cerita leganda tentang hantu dan sejenisnya, seperti tersebut di atas, adalah kisah legenda tentang Sadako Yamamura.

Sadako Yamamura atau lebih populer dengan nama hantu Sadako merupakan sesosok makhluk gaib yang sangat populer di desa – desa terpencil Jepang, seperti halnya  sosok  hantu kuntilanak di pulau Jawa, Indonesia, seperti apa sebenarnya legenda Sadako ?

Apakah dia memang nyata ada atau hanya merupakan sebuah cerita legenda dari makluk mitologi sebagai wujud daya imajinasi terlalu tinggi dari alam bawah sadar pikiran seorang manusia ?

Kehidupan Masa Lalu Sadako

Sadako Yamamura dalam kehidupan nyata adalah seorang gadis cantik dari Jepang yang penuh energi, memiliki nama remaja Sadako Sasaki, ia lahir pada tanggal 7 Januari 1943. Namun kisah hidupnya ke masa depan tidak seperti yang diduga oleh keluarganya.

Dalam kisahnya diceritakan bahwa Sadako meninggal dunia di usia belia yaitu 12 tahun tepatnya pada tanggal 25 Oktober 1955 akibat terkena penyakit leukemia yang ia dapat dari imbas atau paparan radiasi bom atom Nagasaki dan Hiroshima.

Saat bom atom dijatuhkan tidak jauh dari sebuah desa dimana Sadako tinggal bersama keluarga tercinta, Sadako Sasaki disebut sedang berada di rumahnya yang berjarak sekitar 1 mil dari pusat ledakan.

Namun mereka sekeluarga selamat, dan beberapa tahun setelah ledakan, Sadako dan keluarganya mampu kembali hidup normal layaknya keluarga yang lain mengalami nasib serupa, namun pada tahun 1954.

Sadako mulai mengalami perubahan aneh pada sekujur tubuhnya ditumbuhi oleh penyakit tumor ganas dan beberapa bulan kemudian salah satu kakinya mulai mengalami kelumpuhan total dan berubah menjadi biru lebam seperti habis dipukuli.

Saat di periksa oleh sejumlah tim medis dari AS, Sadako divonis mengalami penyakit leukemia dan diperkirakan hanya mampu hidup normal paling lama satu tahun. Meskipun kondisi sakit Sadako cukup parah tetapi ia masih tetap ceria bergaul seperti biasa, hingga akhirnya kondisinya semakin memburuk lalu dikabarkan meninggal dunia

Beberapa minggu sebelum kematiannya, seorang sahabat jauh Sadako dari Eropa mengunjunginya dengan membawakan dia setumpuk kertas emas untuk membuat karya tangan berupa burung bangau emas dari kertas.

Dimana diketahui bahwa dalam legenda masyarakat Jepang, burung bangau konon bisa membantu warga Jepang untuk mengabulkan permintaan mereka tentang kesuburan dan kemakmuran hidup siapa saja di negeri Jepang asalkan mereka bisa membuat seribu ekor bangau emas dari kertas.

Sayangnya, meskipun sudah ditemani membuat seribu ekor bangau emas oleh seorang teman dan kedua orangtuanya ( siang dan malam tanpa istirahat ), tetap saja Sadako tidak mampu menyelesaikan tugasnya dan ia meninggal dunia satu minggu setelahnya dimana Sadako hanya mampu menyelesaikan enam ratus empat puluh empat ekor bangau emas dari kertas.

Sejarah Menjadi Hantu Sadako

Perkembangan selanjutnya, di Jepang, gadis cantik bernama Sadako tersebut di atas akhirnya identik dengan hantu Jepang. Ciri – cirinya adalah wanita sangat cantik bertubuh tinggi langsing, memiliki rambut panjang, lurus, dan hitan berkilau menutupi sebagian mukanya, dan sangat suka memakai gaun panjang berwarna putih.

Sadako identik dengan mahluk gaib yang suka bersarang di dalam sumur dan keluar pada waktu malam hari dengan cara merangkak dari dasar sumur yang sangat dalam.

Hal ini terjadi karena ada kesalahpahaman tentang cerita yang beredar dalam warga Jepang di luar negeri yang mendengar kabar bahwa Sadako meninggal dunia karena disiksa oleh orang asing atau bunuh diri dengan cara terjun ke dalam sumur tua di belakang rumahnya.

Tetangga yang tinggal di sekitar rumah tua keluarga Sadako pada hari – hari tertentu sering melihat bayangan gadis cantik seperti Sadako berdiri melamun di tepi sumur tua atau dini hari, ibu – ibu petani yang kebetulan sedang menimba air di dalam sumur itu kerap melihat bayangan putih seperti seorang gadis merangkak penuh kesakitan berusaha keluar dari dalam sumur tua yang tidak begitu dalam.

Jika cerita terakhir yang benar bahwa Sadako Yamamura mati karena korban pembunuhan dan bukan karena korban bom Nagasaki dan Hiroshima, maka anda perlu mengunjungi kuil – kuil penangkal hantu yang ada di wilayah Manneji karena hanya pendeta yang bekerja di kuil – kuil ini saja yang mengetahui tentang kebenaran legenda hantu Jepang yang populer hingga ke mancanegara.

Kutukan gadis cantik Sadako sangat kuat keluar dari dasar sumur tua di belakang rumah keluarga Sadako Sasaki dan dipercaya hingga saat ini terus menyimpan dendam kesumat kepada siapapun yang kebetulan ia jumpai sedang mencari air di sekitar sumur tua dimana ia mati dibunuh.

Jadi disarankan bagi para turis asing yang suka berpetualang ke tempat – tempat sunyi di Jepang seperti daerah bukit atau pantai, berhati – hatilah dengan sumur – sumur tua yang banyak ada di sekitar tempat itu karena terlalu berbahaya dan bisa menyebabkan anda mendapat kecelakaan dan pertolongan pertama bisa terlambat datang karena letak kecelakaan yang jauh dari kota atau pemukiman penduduk.

Sebagai sosok hantu, Sadako bisa menjadi sosok yang sangat mengerikan dan akan bisa membunuh siapa saja yang berada pada tempat yang salah dengan rentang waktu yang keliru.

Baca Artikel Lainnya :

Namun sebenarnya anda jangan  terlalu kuatir dengan legenda tersebut karena sosok Sadako yang sebenarnya hanyalah ada di dunia mitologi warga Jepang saja, meskipun cerita sejarah Sadako benar – benar ada di kehidupan nyata.

Bedanya, ia hanya tidak meninggal karena disiksa, lalu dibunuh dan dimasukkan ke dalam sumur tapi meninggal karena sakit leukemia berkat imbas dari radiasi nuklir bom atom terbesar di dunia yaitu Nagasaki dan Hiroshima.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *