Mengetahui Tentang Cara Mencegah Dan Menghindari Cybercrime

Mengetahui Tentang Cara Mencegah Dan Menghindari Cybercrime – Aktivitas kejahatan dengan memakai komputer atau jaringan komputer atau IT yang biasa disebut dengan cybercrime saat ini memang marak muncul di Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Banyak pola dan cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku cybercrime tapi anda jangan khawatir karena ada banyak cara untuk mencegah terjadinya cybercrime pada komputer dan program anda.

qw

Berikut ini kami berikan 6 cara mencegah dan menghindari cybercrime.

1). Gunakan Security Software Yang Up To Date

Penting bagi anda untuk menjaga Security Software anda tetap dalam kondisi terbaru atau up to date.

Perlakuan ini akan memberikan pendefinisian kembali terhadap ancaman cybercrime maupun virus yang belum didefinisikan pada versi -versi sebelumnya. Pembaruan ini bertujuan bagi pengguna yang cukup sering memakai koneksi internet.

Disarankan bagi para pemilik gadget untuk memakai Security Software untuk membuka akses ke internet. Hal ini wajib anda lakukan minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

Saat pengguna online, maka secara otomatis Security Software akan meng – up to date versi terbarunya.

2). Melindungi Komputer

Hal ini mutlak harus anda lakukan demi menjaga keamanan, paling tidak anda harus mengaplikasikan tiga program yaitu antivirus, antispyware, dan firewall.

Fungsinya adalah sebagai antivirus yang sudah pasti diharapkan mampu menjaga perangkat komputer anda dari virus yang semakin berkembang pesat dan jumlahnya beragam jenis.

Antispyware berfungsi untuk melindungi data si pemakai agar tidak ada orang yang dapat merusak atau melacak kebiasaan anda saat online.

Spyware sendiri merupakan sebuah program yang diam-diam telah masuk ke dalam komputer anda dan mengambil/mencuri data anda. Tujuan awal dari pembuatan spyware adalah mencari data dari si pemakai internet dan mencatat kebiasaan buruk seseorang dalam menelusuri dunia maya.

Sedangkan firewall merupakan sebuah sistem atau perangkat yang beropersai dengan cara mengijinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dirasa kurang aman.

Namun saat ini, banyak perusahaan yang telah menyediakan ketiga aplikasi tersebut dalam satu paket yang bisa anda beli dengan murah dan mudah digunakan.

3). Buat Password Yang Sangat Sulit

Bagaimana dengan password akun – akun anda seperti email, akun jejaring social atau akun tabungan online anda ?

Apakah sudah memakai password yang susah ditebak ? Jika belum maka cepat ganti password akun-akun anda untuk mencegah terjadinya cybercrime terhadap komputer dan program anda.

Bila bisa, masukkan campuran huruf  kecil, besar dan angka pada setiap akun anda supaya memperkuat kata sandi.

Contoh kata sandi yang dicampur dengan angka bagus adalah C0ntOhNy4. Kata sandi ini sangat kuat untuk sandi akun anda yang mengkombinasikan huruf kecil, besar dan angka.

4). Membuat Salinan

Sebaiknya para pengguna komputer mempunyai salinan dari dokumen pribadinya, entah itu berupa foto, musik, atau yang lainnya.

Hal ini bertujuan agar data anda masih tetap bisa terselamatkan apabila sewaktu – waktu terjadi pencurian data atau ada kesalahan melalui sistim komputer anda.

5). Jangan Sembarangan Mengklik Link Yang Muncul Di Social Network

Entah melalui Facebook, Twitter, atau Blog, seringkali anda temui link yang mampu menarik perhatian banyak pengunjung rahasia.

Meskipun tidak mengetahui jelas apakah link-link tersebut bermanfaat bagi si penerima, sajian yang menarik berupa iklan atau sekedar kuesioner dan angket menyebabkan anda berniat untuk membukanya.

Tidak sedikit hal ini justru dijadikan sebagai sebuah peluang besar bagi cybercrime atau penyebaran virus komputer untuk merusak program-program yang ada di dalamnya.

Tidak jarang link-link tak berguna ini dikirimkan oleh teman atau saudara anda sendiri. Maka dari itu, hati-hatilah dalam membuka iklan yang tidak anda butuhkan.

Jangan tergiur akan sesuatu yang justru malah akan membuat anda terjebak dalam cybercrime atau virus komputer.

6). Ganti Password Secara Berkala

Melihat banyak dan mudahnya cybercrime melakukan kejahatan terutama di kota-kota besar sampai mencapai 15 kasus perdetik, tidak menutup kemungkinan password yang terpajang pun dapat dengan mudah dibajak apabila digunakan bertahun-tahun tanpa diganti.

Maka dari itu, disarankan untuk segera mengganti password tersebut, baik secara berkala atau acak.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah informasi singkat tentang 6 cara mencegah dan menghindari cybercrime. Semoga kami bisa membantu anda dengan memberikan informasi penting yang bermanfaat dan membantu anda untuk mengatasi dan menanggulangi kejahatan di dunia maya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *