Mengetahui Tentang Cara Seting Email Dan Kirim Email Melalui Mikrotik RouterOS

Mengetahui Tentang Cara Seting Email Dan Kirim Email Melalui Mikrotik RouterOS  – Sebelum kami membahas lebih lanjut tentang penggunaan fitur email secara mendetail, ada baiknya anda belajar mikrotik dari dasar dulu tentang bagaimana cara menseting email dan kirim email melalui mikrotik routerOS.

qw

Untuk lebih mudahnya maka seting mikrotik haruslah memakai winbox saja. Untuk email yang digunakan buat mengirim surat adalah menggunakan Gmail, silahkan anda terlebih dahulu menyiapkan akun gmailnya.

Mikrotik diketahui mempunyai berbagai fitur tambahan yang sebagian besar tidak anda ketahui fungsinya karena pemula atau awam dengan dunia IT dan komputer apalagi internet serta memang jarang digunakan untuk bekerja.

Tapi yang termudah adalah email. Mikrotik yang telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengirim email beserta attachmentnya yang biasa digunakan untuk mengirim email backup konfigurasi mikrotik secara berkala, akan memantau dan memonitor kondisi jaringan up atau down dari data anda sehingga bisa utuh diterima dan fungsi yang lainnya untuk kelengkapan data yang dikirim.

Cara Seting Email Dan Kirim Email Melalui Mikrotik RouterOS

1). Bukalah winbox, masuk ke menu tools –> email.

2). Karena anda menggunakan email Gmail untuk mengirim maka harus dilengkapi berikut setingannya :

>> Server : 173.194.77.108.

>> Port : 587.

>> From : <>.

>> User : isikan email Gmail anda.

>> Password : isikan password email Gmail anda.

3). Klik apply –> OK.

4). Untuk mencoba mengirim email silahkan buka lagi menu tools –> email –> klik send mail.

5). Masukkan ” Address, Port, User dan Password ” seperti sebelumnya, centang ” TLS “.

6). Masukkan alamat email yang ingin dikirimi email di ” To “. Isi kan ” CC ” jika perlu.

7). Isikan ” From, Subject, dan Body ” sesuai keinginan anda.

8). Anda juga bisa melampirkan file ( attachment ) pada opsi ” File “.

9). Kalau sudah lengkap maka anda klik send email untuk mengirim email.

Silakan cek inbox email yang dikirimi email mikrotik. Apabila emailnya masuk, berarti konfigurasi sudah benar.

Cara Belajar Mikrotik Dari Awal : Mengenal Dasar Seting Mikrotik

Pada dasarnya blog tutorial mikrotik ala orang Indonesia memang dibuat untuk menyajikan tutorial dasar mikrotik bagi pemula berupa setingan dasar mikrotik yang harus anda lakukan sejak awal.

Nah, untuk itu, bagi anda yang baru saja mengenal mikrotik dan ingin belajar lebih dalam tentang program ini, silakan simak ulasan singkat kami berikut ini : sebelum anda mulai belajar mikrotik, ada baiknya anda belajar dulu tentang dasar-dasar jaringan komputer terutama tentang Komponen Dasar Jaringan Komputer dan Pengertiannya, selanjutnya anda juga perlu mengetahui tentang dasar-dasar istilah dari Mikrotik sebagai berikut :

Belajar Mikrotik dan Mengenal Teori Dasar Mikrotik, jika anda ingin mengaplikasikan mikrotik tanpa router board atau routerOS, yaitu dengan menginstall mikrotik di PC

silahkan anda simak penjelasan kami berikut ini : menurut tutorial tentang cara instalasi mikrotik routerOS, jika anda ingin belajar mikrotik dengan menggunakan simulator seperti packet tracer, maka anda bisa menggunakan simulator mikrotik di GNS3, seperti tutorial mikrotik pada umumnya yaitu : belajar mikrotik tanpa router board menggunakan GNS3 simulator dengan tujuan untuk mengakses mikrotik anda dari PC yang dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut ini : ada 4 cara dalam mengakses mikrotik, selanjutnya anda bisa konfigurasi mikrotik anda sesuai dengan keinginan dan tujuan anda. Silakan cari sendiri tutorial yang sesuai seperti : Setting Dasar Mikrotik.

Baca Artikel Lainnya :

Demikianlah ulasan singkat dari kami tentang mengetahui cara seting email dan kirim email melalui mikrotik router OS dan diharapkan ke depannya anda bisa memanfaatkan lebih banyak tentang fungsi email ini untuk memantau kondisi jaringan, backup konfigurasi mikrotik secara berkala via email, dll.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *