Mengetahui Tentang Cyber Crime Dan Cara Mengantisipasinya

Mengetahui Tentang Cyber Crime Dan Cara Mengantisipasinya – Cyber crime merupakan tindak kejahatan yang dilakukan dengan cara yang berbeda.

Dimana taktik yang dilakukan berbeda-beda tetapi kejahatan adalah kejahatan, dan motivasinya dimana-mana adalah sama.

pro

Kejahatan pada dunia maya saat ini sangat sulit untuk diidentifikasikan, karena hampir setiap hari selalu saja ada kejahatan baru yang muncul dengan motif baru.

Cyber crime adalah salah satu diantaranya dan biasanya dilakukan  hanya sebagai pendukung untuk tindakan kejahatan dalam dunia nyata, contohnya seperti penjualan obat-obatan terlarang sebagai media promosinya yang memanfaatkan fasilitas dunia maya sebagai sarana seperti website.

Cyber crime adalah didefinisikan sebagai suatu kejahatan yang kerap dilakukan melalui internet dengan cara memanfaatkan komputer baik itu sebagai sebuah alat, media atau sebagai korban yang ditargetkan.

Komputer dan programnya dipilih yang memakai sistem super canggih, namun anda perlu sadari akan keterbatasan dari kemampuan berpikir terhadap otak manusia.

Seberapa besar canggihnya perangkat ciptaan manusia ini pastilah mempunyai titik kelemahan yang memungkinkan anda untuk mengetahuinya kemudian memanfaatkannya sebagai sebuah jalan untuk melakukan kejahatan di dunia maya atau istilah populernya disebut sebagai tindakan cyber crime.

Cyber crime pada umumnya dapat diartikan sebagai sebuah tindakan kejahatan yang dilakukan melalui fasilitas komputer dan jaringan komputer.

Cyber crime sering tejadi akhir-akhir ini seperti penipuan kartu kredit, penipuan identitas, penipuan jual beli online dan masih banyak lagi contoh kejahatan lainnya.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian cyber crime ini, bisa anda temukan dalam penjelasan kami di bawah ini, kami akan coba mengutarakan beberapa pengertian cyber crime dari sudut pandang para ahli komputer.

Cara mengantisipasi cyber crime adalah :

1). Melindungi komputer. Hal ini mutlak harus dilakukan. Demi untuk menjaga keamanan, paling tidak anda harus mengaplikasikan tiga program utama, yaitu antivirus, antispyware, dan firewall.

Fungsi dari ketiga aplikasi tersebut sudah sangat jelas. Antivirus sudah pasti digunakan untuk menjaga perangkat komputer anda dari serangan virus yang kian hari jumlahnya beragam jenis.

Antispyware berfungsi untuk melindungi data si pemakai agar tidak ada orang yang dapat merusak atau melacak kebiasaan anda saat online.

Spyware merupakan program yang sejak pertama dirilis telah berhasil masuk ke dalam komputer dan mampu mengambil data-datanya dengan sangat cepat.

Tujuan awal dari pembuatan spyware adalah mencari data dari si pemakai internet dan mencatat kebiasaan seseorang dalam menyelusuri dunia maya.

Sedangkan firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengijinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya sekaligus mencegah lalu lintas jaringan yang kurang aman.

Namun saat ini, banyak perusahaan sudah menyediakan ketiga aplikasi tersebut dalam satu paket murah yang banyak digunakan oleh mereka.

2). Apabila anda berlaku sebagai server administrator maka sangat dianjurkan untuk senantiasi melakukan pengecekkan terhadap kemungkinan adanya bug pada sistem, kemudian melakukan patching atau upgrade sistem untuk menutupi celah tersebut.

3). Apabila anda sebagai end user maka berhati – hatilah saat anda akan melakukan aktivitas online, seperti pembelian online, tidak login sembarangan, dan selalu menutup kembali akun.

Intinya adalah anda harus selalu waspada dan teliti dalam melakukan semua yang erat hubungannya dengan aktivitas online.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah tiga informasi penting mengenai pengertian cyber crime dan cara mengantisipasinya. Adapun tentang penjelasan jenis-jenis cyber crime akan kami bahas selanjutnya pada artikel berikutnya. Terima kasih telah bersedia berkunjung ke website kami, semoga informasi kami bermanfaat bagi anda semua.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *