Mengintip Industri Batik Tulis Di Bangkalan Dalam Skala Kecil

Batik adalah sebuah karya budaya bangsa Indonesia yang sangat populer tidak hanya di dalam negeri saja melainkan tersohor sampai ke luar negeri. Hampir di masing – masing daerah di negeri ini mempunyai sentra kerajinan batik tradisional khas daerah tersebut, terutama di Pulau Jawa dan sekitarnya.

Sentra kerajinan batik telah menjadi wisata budaya yang mampu menarik banyak wisatawan dalam negeri dan turis asing untuk berkunjung ke Indonesia guna berlibur dengan banyaknya tersedia objek wisata yang bisa dijadikan destinasi oleh mereka dan salah satunya adalah industri batik tulis di Bangkalan.

n 28

Bagi para wisatawan yang berniat untuk mengetahui secara langsung proses pembuatan batik tulis di Bangkalan, desa yang terekomendasi dan juga terkenal sebagai desa wisata adalah desa Paseseh yang berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Bangkalan di Madura yaitu sekitar 6 km dari kawasan wisata pantai Siring Kemuning.

Proses pembuatan batik tulis di Bangkalan biasanya dibuat dalam skala kecil berbasis bisnis UKM yang tidak jauh berbeda dengan batik tradisional daerah lainnya terutama dalam hal proses pembuatan batik.

Mereka pertama kali dibuat pada selembar kain panjang dan diukir memakai malam yang ditempati dalam canting tangan dimana proses ini harus dilakukan secara sabar dan telaten oleh pengrajin agar batik yang dihasilkan rapi.

Batik Madura sangat mudah dikenali yaitu mempunyai ciri khas dengan motif dan warna – warna yang tegas serta cerah seperti merah, kuning, hijau dan biru.

Meskipun berkesan old fashion, batik Madura banyak diaplikasikan untuk busana pria dan wanita dengan beragam model, apalagi ditunjang oleh motif kain dengan seribu jenis dan corak beragam, banyak dijumpai di daerah Pamekasan, Sumenep dan Bangkalan. Batik – batik tersebut termasuk kategori batik pesisiran tapi bukan jenis batik pedalaman.

Sekedar informasi bagi anda yang berniat mengkoleksi kain batik tradisional Madura, kebanyakan kain – kain tersebut diaplikasikan sebagai busana adat nasional untuk acara – acara resmi di kantor, di kompleks tempat tinggal bersama dengan teman – teman atau acara kawinan keluarga.

Batik tulis Madura kerap dikombinasikan dengan busana atasan model kebaya dari kain brokat Bali untuk wanita sedangkan kaum pria memakai batik tulis Madura dalam model busana kemeja lengan panjang.

Mereka cocok diaplikasikan untuk busana – busana resmi yang erat hubungannya dengan upacara adat karena batik Bangkalan atau batik Madura mengandung kekhasan yang erat hubungannya dengan budaya setempat.

Kekhasan tersebut adalah makna yang terselip dalam corak dan warna dari kain batik. Warna hijau mengandung makna kuatnya sisi religi dari masyarakat Madura, warna kuning melambangkan tanaman padi yang sedang menguning, warna biru menunjukkan wilayah Madura yang dikelilingi oleh lautan luas yang berwarna biru.

Sedangkan warna merah melambangkan keberanian dalam hubungannya dengan hal – hal yang bersikap positif. Sementara itu, corak yang paling menarik adalah corak akar – akaran dan sik malaya.

Industri batik tulis di Bangkalan lebih banyak difokuskan kepada bisnis UKM dalam skala kecil, dimana diberlakukannya perdagangan bebas membuat beberapa pengusaha batik tradisional mulai berkurang jumlahnya dalam memproduksi kain – kain mereka sehingga batik tradisional menjadi benda langka yang memiliki nilai jual cukup mahal.

Baca Artikel Lainnya :

Tapi ada juga sisi buruknya yaitu tanpa adanya regulasi dari  pemerintah setempat, produk – produk kain Cina akan terus membanjiri  pasar – pasar batik di Indonesia termasuk Madura. Jika para pelaku bisnis batik tradisional kurang lihai dalam menganalisa pasar maka dikhawatirkan mereka akan kalah saing.

Karena animo dalam diri masyarakat asli terhadap produk batik dalam negeri masih cukup tinggi maka diharapkan masih ada peluang bagi industri batik tulis di Bangkalan untuk meraih keuntungan dalam jumlah layak.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *