Mengobati Kuku Kaki Dan Tangan Yang Bernanah

Mengobati Kuku Kaki Dan Tangan Yang Bernanah – Apakah anda pernah mengalami masalah sakit dan rasa gatal–gatal pada kuku kaki dan tangan anda.

Yang dimaksud di sini adalah kuku bernanah, cantengan, atau bahkan kombinasi sakit keduanya yang menunjukkan gejala kuku kaki ataupun kuku tangan anda mulai merasa sakit, bengkak, kemerahan bahkan bernanah.

qws

Kuku nanahan atau kuku bernanah, cantengan atau dalam bahasa kedokteran disebut paronychia (baca = paronikia) merupakan infeksi yang terjadi di sekitar tepi kuku bahkan pada seluruh bagian kuku.

Paronychia adalah jenis infeksi yang paling sering mengganggu kuku pada tangan anda, jika tidak segera diobati dengan cepat dan tepat, maka penyakit tersebut bisa berkembang menjadi infeksi yang sangat parah.

Paronikia paling sering muncul karena bakteri kulit, biasanya mulai memasuki kulit di sekitar kuku yang telah lama mengalami kondisi rusak oleh trauma.

Seperti kebiasaan buruk anda suka menggigit kuku, mengisap jari, cuci piring dengan sabun pencuci yang berbahan kimia berbahaya untuk kesehatan kulit, atau iritasi kimia.

Infeksi jamur bisa menjadi penyebab paronychia, dan anda harus curiga apa penyebabnya terutama pada orang – orang dengan infeksi kuku secara berulang dan tak kunjung sembuh.

Gejala awal paronikia bisa berupa kemunculan tanda–tanda merah dan pembengkakan di sekitar kuku yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah cellulitis.

Pada kondisi ini, kuku akan terasa sangat sakit bila disentuh dan jika dibiarkan begitu saja maka akan berkelanjutan dimana kuku dan/atau kulit di sekitarnya menjadi berwarna kuning – hijau, yang menunjukkan bahwa telah terjadi pengumpulan nanah di bawah kuku dan kulit (disebut abses).

Bagaimanakah cara mencegah dan mengobati agar kuku anda bebas dari terkena cantengan ?

1). Hindari kebiasaan buruk menggigit kuku

Pakailah sarung tangan karet jika anda hendak memgang benda atau melakukan pekerjaan kotor yang berpotensi menimbulkan trauma dan kotor pada kulit tangan anda.

Kontrol penyakit kronis, seperti diabetes. Seringlah mencuci tangan terutama setelah anda bekerja di tanah, pertukangan, atau pekerjaan lainnya dimana tangan anda menjadi kotor dan mempunyai potensi mendapat luka dan goresan.

Jangan anggap remeh gejala awal cantengan, meskipun terkesan ringan namun jika tidak segera diobati dengan tepat dan cepat maka akan menjadi luas dan timbullah infeksi yang sangat parah.

2). Pengobatan Cantengan Dengan Merendam

Pengobatan cantengan yang bisa anda lakukan di rumah diantaranya merendam jari cantengan ke dalam campuran air hangat 50% dan 50% sabun antibakteri cair sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari selama sekitar 15 menit.

Perendaman ini harus dilakukan secara rutin pada saat gejala awal muncul berupa kemerahan di sekitar kuku.

3). Pembuangan Kuku

Pada kasus yang terberat, infeksi bisa bergerak di bawah kuku dan anda perlu melakukan pembuangan kuku sebagian atau lengkap (cabut kuku).

Kecuali pada kondisi selulitis yang luas, antibiotik biasanya tidak begitu dibutuhkan. Apabila diperlukan dokter, biasanya mereka akan mengambil sedikit contoh nanah untuk diperksa di lab.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk mengetahui jenis – jenis bakteri yang terlibat dalam infeksi. Jika ditangani dengan cepat dan tepat, cantengan bisa sembuh dengan baik, kuku yang telah dicabut pun bisa tumbuh kembali dengan sempurna.

Waspadalah terhadap gejala cantengan pada kuku kaki dan tangan anda, meskipun terkesan ringan namun jika tidak segera diobati dengan tepat dan cepat maka bisa menjadi luas dan memunculkan infeksi yang sangat parah.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *