Menguak dan Menelusuri Suguhan Eksotik Desa Wae Rebo, NTT

Menguak dan Menelusuri Suguhan Eksotik Desa Wae Rebo, NTT – Indonesia menjadi salah satu negara dengan iklim tropis dan berbentuk kepulauan, maka memiliki berbagai daerah indah.

1234

Hampir semua daerah memiliki lokasi wisata yang memang layak untuk dikunjungi ketika memiliki kesempatan mampir. Salah satu daerah yang menyimpan berbagai keindahan tempat adalah Wae Rebo yang terletak di Pulau Flores.

Mengenal Akses ke Wae Rebo

Wae Rebo juga dikenal sebagai daerah atau desa di Pulau NTT yang memiliki nilai eksotik, apalagi letaknya yang cukup terpencil. Masuk ke desa ini diperlukan usaha yang tidak begitu mudah namun sepadan dengan suguhan yang akan didapatkan.

Desa eksotik ini tepatnya berada di Kecamatan Setarmese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Berada sekitar 9 km dari pusat kota yang bisa disebut sebagai salah satu desa terpencil.

Untuk bisa menikmati keindahan Wae Rebo maka bisa memilih alternatif jalur yang ditempuh, yang pertama adalah perjalanan yang diawali dari Labuan Bajo ke Ruteng.

Ketika sudah sampai di Ruteng berpindah menggunakan ojek menuju ke Dintor. Setelah menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam dengan medan yang tidak mulus maka Anda sudah sampai di Wae Rebo.

Alternatif kedua ialah dengan jalur dari Ruteng yakni dengan menggunakan truk, truk ini akan berangkat dari terminal bus Mena. Jalur perjalanan yang dilakukan akan melewati beberapa desa seperti Cancar, Pela, Todo, Dintor baru kemudian sampai di Denge.

Sementara untuk alternatif ketiga adalah menempuh perjalanan dengan menggunakan perahu, sehingga lewat air yang tentunya lebih cepat. Perjalanan dimulai dari Labuan Bajo, menuju ke Desa Nangalili yang kemudian sampai ke Dintor dan dilanjutkan dengan naik ojek.

Perjalanan lewat air ini hanya akan memakan waktu sekitar 2 jam saja, atau lebih tergantung kondisi alat transportasi yang digunakan.

Keindahan yang Ditawarkan Wae Rebo

Wae Rebo sendiri merupakan sebuah desa dengan sebutan Desa Manggarain tua yang di dalamnya terdapat kehidupan adat yang kental. Berkunjung kesini Anda bisa menikmati dan melihat bagaimana kehidupan masyarakat secara tradisional.

Kemudian bisa melihat rumah adat yang disebut Mbaru Niang, yang memiliki bentuk seperti kerucut yang terbuat dari bahan hasil hutan sekitar.

Berkunjung ke desa ini akan memberikan pengalaman liburan baru, yang membuka kesempatan untuk melihat sisi budaya di NTT. Anda bisa menginap di salah satu rumah adat milik penduduk setempat dan menikmati nuansa alam yang masih alami dan tradisional.

Tidur di dalam sebuah rumah dengan atap dedaunan kering dan beralaskan tikar yang dibuat dari anyaman daun pandan.

Ada banyak kegiatan lokal yang bisa dijumpai, seperti aktivitas bercocok tanam, membuat kain songket untuk para wanita, dan lain sebagainya. Berlibur sambil menikmati keindahan dan keberagaman budaya Indonesia memang akan memberikan kesan mendalam.

Baca JugaMenikmati 8 Pantai Indah di Gunung Kidul, Yogyakarta

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Menguak dan Menelusuri Suguhan Eksotik Desa Wae Rebo, NTT

  1. Pingback: Ingin Wisata Asik? Datang ke Wahana di The Jungle Bogor | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *