Mengulas Sejarah Kapal Titanic yang Tenggelam

Tragedi tenggelamnya kapal Titanic menjadi sebuah momentum bersejarah yang hingga saat ini masih dikenang di seluruh dunia. Menjadi sebuah momentum bersejarah abadi menjadikannya sebagai salah satu sumber inspirasi film romantis yang diberi judul serupa, yakni Titanic.

fu 12

Kapal Titanic menjadi salah satu kapal terbesar pada tahun 1912 dan melakukan pelayaran pertamanya. Menjadi salah satu kapal bagi penumpang Inggris kemudian pelayaran perdana dilakukan di Southampton, Inggris.

Mengulas Sejarah Tenggelamnya Titanic

Kapal Titanic menjadi kapal terbesar dalam sejarah abad ke-18, dan nama kapal ini sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti raksasa. Sayangnya pelayaran pertamanya juga menjadi pelayaran terakhirnya karena tenggelam usai menabrak gunung es. Diperkirakan tenggelamnya kapal Titanic ini juga disebabkan oleh proses rekonstruksi yang terjadi menjelang keberangkatannya.

Kapal Titanic dirakit di Irlandia, atau tepatnya di Belfast, dan pada masa tersebut Irlandia masih menjadi satu wilayah dengan Inggris. Masa tersebut pula mulai banyak kapal yang dibuat dalam ukuran besar, sebelum Titanic sudah ada kapal Olympic, dan juga Brittanic.

Ketiga kapal ini masuk ke dalam golongan kelas kapal Olympic dengan steamer di dalam kapal sejumlah 23 buah. Semua kapal berukuran besar ini dibuat di Belfast, yakni oleh arsitektur kapal Harland dan juga Wolff. Sketsa kapal pada mulanya dibuat oleh Wolff dan kemudian diambil alih oleh Harland.

Tujuan dari pembangunan kapal-kapal besar ini selain sebagai kapal kelas terbaik, yakni Olympic, juga bertujuan menyaingi kapal dari Amerika. Tujuan ini menjadikan perancang kapal besar tidak memperhitungkan berapa biaya yang harus dikeluarkan dengan matang.

Pada tanggal 2 April 1912 pelayaran percobaan Titanic dilakukan di laut lepas dengan menggunakan kekuatan kemudi yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan Titanic sekaligus mengecek kondisi kekuatan, kemampuan membelok, dan lain sebagainya.

Hari itu juga usai dilakukan tes selama 12 jam di lautan, kemudian dilakukan penandatanganan surat yang menyatakan Titanic layak untuk berlayar. Uji coba dilakukan pagi hari dan pada hari yang sama di malam harinya, Titanic berlayar dari Stamphton menuju Amerika. Tepat pada tanggal 10 April 1912 pada pukul 09.30 siang, Titanic melakukan pelayaran pertama. Rute yang ditempuh adalah dari Sthampton, Perancis, Irlandia, New York, dan kembali ke Stamphton.

Kemudian pada tanggal 14 April 1912, Titanic sampai di perairan Grand Banks, berlayar dengan kekuatan penuh. Meski sebelumnya di beberapa pelabuhan kru pengemudi Titanic sudah diperingatkan mengenai ancaman gunung es di tengah perairan.

Namun karena merasa Titanic merupakan kapal terbesar dan terkuat, kru tidak gentar dan ada kemungkinan gunung es tidak menjadi hambatan. Namun kenyataan berkata lain, sesampainya di perairan tersebut Titanic menghantam gunung es. Kapal terbesar ini kemudian terbelah menjadi dua bagian, dan menelan korban hingga 1.500 orang dan 710 orang berhasil selamat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *