Mengungkap Asal Mula Minuman Khas Meksiko Yang Terkenal Di Mancanegara

Mengungkap Asal Mula Minuman Khas Meksiko Yang Terkenal Di Mancanegara – Meksiko sebagai salah satu negara bagian di Amerika utara saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri karena pesona wisata kulinernya yang mampu memukau pengunjung untuk kembali lagi ke Meksiko buat berlibur.

qw

Hal ini juga bisa dijadikan sebagai asal mula beberapa jenis minuman khas Meksiko menjad terkenal di mancanegara.

Tequila adalah minuman asli orang Meksiko yang sangat terkenal di Meksiko dan luar negeri tetapi jika anda berkesempatan untuk berkunjung ke sana buat liburan, tak hanya tequila saja, ada banyak minuman khas lainnya yang ada di negeri cantik tersebut untuk patut anda cicipi, beberapa minuman itu adalah :

Xtabentun. Xtabentun merupakan minuman jenis liqueur yang dibuat di Yucatan, Meksiko, berasal dari sirup biji adas dan fermentasi madu yang dihasilkan oleh lebah madu alami dari nektar bunga Xtabentun.

Menurut asalnya, Xtabentun mempunyai asal – usul yang sama dengan jenis balche, minuman seremonial yang diproduksi oleh orang Maya pada jaman dulu.

Secara etimologi, kata Xtabentun berasal dari bahasa Maya yang berarti “tanaman sejenis anggur yang tumbuh merambat pada daerah bebatuan”.

Menurut oarng – orang dari semenanjung Yucatan, bunga Xtabentun berasal dari sebuah kisah tentang dua wanita yang tinggal di desa Yucatan.

Seorang diantaranya bernama Xtabay yang memiliki nama panggilan populer oleh warga kota yaitu Xkeban yang artinya wanita penghibur. Pada kenyataannya, Xtabay adalah jiwa baik yang selalu siap memberikan bantuan kepada siapapun yang sedang membutuhkan pertolongan.

Meskipun Xkeban adalah nama yang berkonotasi memandang rendah dan menghina harga diri seorang wanita pada suatu komunitas tapi Xkeban adalah tipe wanita yang tidak pernah membalas.

Sedangkan teman wanitanya yang lain adalah Utz – Colel, dianggap sebagai contoh untuk semua wanita di dunia dalam hal kesopanan dan berbudi luhur, dimana kebaikannya tak terbatas pada dirinya saja melainkan lingkungan tempat dia tinggal untuk membantu orang sakit, tidak membenci orang miskin, sehingga kebajikan dan harga dirinya adalah permata mahkota bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Ketika keduanya meninggal karena usia tua, di sekitar makam mereka tumbuh tanaman sejenis pohon anggur yang mengeluarkan bunga-bunga cantik dan beraroma tajam seperti kulit buah jeruk lemon yang diberi nama bunga Xtabentun sebagai bahan utama membuat minuman Xtabentun tradisional khas orang Meksiko.

Minuman Xtabentun biasanya disajikan secara langsung dalam kondisi dingin dengan tambahan berupa beberapa tetes madu murni. Dan dapat juga disajikan dengan kopi, atau beberapa tetes Oz tequila.

Minuman ini layak untuk dicoba oleh semua lapisan kecuali anak – anak. Selain minuman ini, direkomendasikan kepada anda untuk mencicipi tejuino, pulque, dan pozol.

Baca Artikel Lainnya :

Beberapa referensi hotel yang bisa anda tempati selama berwisata di Yucatan, Meksiko, antara lain  Be Live Grand Riviera Maya Hotel, Barcelo Maya Tropical All Inclusive Hotel, dan Gran Bahia Principe Tulum Hotel.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *