Menikmati Kunjungan ke Alas Purwo Banyuwangi

Kota Banyuwangi menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal akan berbagai pantai indah yang dimiliki. Tak ayal kondisi ini menjadikan Banyuwangi sebagai kota yang kaya akan tempat wisata alam cantik dan menarik dan banyak dikunjungi. Ternyata Banyuwangi tidak hanya menyimpan obyek wisata pantainya saja namun ada pula obyek wisata lainnya yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah Alas Purwo.

fi 46

Lokasi Sekaligus Akses

Alas Purwo terletak di kawasan Kalipuro, Banyuwangi, yang jika ditempuh dari pusat kota Banyuwangi akan berjarak sekitar 14 km. Menuju ke Alas Purwo bisa ditempuh dari Rogojampi, Srono, Muncar, dan Tegaldlimo. Lepas dari Kecamatan Tegaldlimo Anda akan menempuh perjalanan di jalanan yang berbatu sekitar 10 km. kemudian akan menjumpai pos perhutani yang juga merupakan menjadi gerbang untuk masuk ke kawasan Alas Purwo.

Melihat Isi Alas Purwo

Alas Purwo dibangun di lahan dengan luas sekitar 43.000 hektar, yang menjadi hutan tertua yang dimiliki oleh Pulau Jawa. Sebagai hutan tertua maka di dalamnya Kita akan menjumpai berbagai jenis flora dan juga tentunya fauna.

Secara mendetail Alas Purwo memiliki flora sebanyak 580 jenis, sementara untuk faunanya ada sekitar 50 spesies. Masuk ke hutan ini maka akan menjumpai pembagian lokasi hutan menjadi empat bagian zona, yakni zona inti, zona pemanfaatan, zona rimba, dan juga zona penyangga.

Tumbuhan yang menghiasi isi Alas Purwo ada banyak macamnya, dimana Anda bisa menjumpai pohon sawo kecik, bambu manggong, semak, rumput, dan lain sebagainya. Sementara untuk keaneka ragaman faunanya Kita bisa bertemu dengan banteng, rusa, kijang, babi hutan, dan lain sebagainya. Selain satwa berkaki empat di dalamnya Kita juga bisa bertemu dengan beberapa jenis burung, seperti rangkok, merak, cekakak jawa, dan lain sebagainya.

Asal Nama

Alas Purwo disebut sebagai hutan tertua dan memiliki sejarah tersendiri mengapa bisa mendapatkan sebutan tersebut. Dalam bahasa Jawa kata Purwo memiliki arti sebagai permulaan, awal, sehingga memiliki arti sebagai hutan pertama. Bagi masyarakat sekitar dan seluruh masyarakat Banyuwangi, Alas Purwo termasuk ke dalam hutan yang cukup angker.

Hutan ini terdapat beberapa area atau situs yang digunakan untuk kebutuhan semedi. Saat bulan Suro atau Muharram tiba maka ada banyak orang yang berbondong-bondong datang ke hutan ini untuk kebutuhan bertapa atau bersemedi.

Daya Tarik Alas Purwo

Ada beberapa zona menarik yang menyuguhkan beberapa jenis vegetasi yang berbeda, seperti zona hutan bambu, pantai trianggulasi, sadengan, dan lain sebagainya. Setiap area ini memiliki keunikan tersendiri dan menjadi salah satu tempat bersemedi oleh sebagian orang. Meskipun terkenal angker namun pemandangan sekaligus kondisi hutan yang terjaga menyuguhkan pemandangan yang memanjangkan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *