Menikmati Pisang Epe Di Pantai Losari Makassar Sebagai Salah Satu Wujud Budaya Kuliner Indonesia Yang Sangat Sederhana

Losari sejak dulu terkenal d Indonesia hingga mancanegara karena memiliki sunset yang paling indah di dunia dan dijuluki sebagai pantai dengan sejuta meja makan dan warung – warung makan tradisional terpanjang di dunia.

Julukan ini disematkan kepada pantai Losari karena tempat ini memang tepat untuk menerima julukan tersebut dimana didukung oleh suasana pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh turis lokal dan turis asing yang suka mampir ke pantai.

k 57

Mereka datang sekedar bersantai dan nongkrong bersama teman – teman sambil menikmati beragam sajian unik dan khas orang Makasar yang terkenal berasa manis, gurih, pedas dan hidangan es dalam beragam kreasi terdapat pada warung – warung tersebut yang hanya buka pada waktu malam hari saja guna menjajakan aneka kuliner dan jajanan khas orang Makassar.

Saking banyaknya penjual makanan daerah Makasar di pantai Losari, maka oleh pemerintah setempat didirikan tenda – tenda para penjaja kuliner yang panjangnya bisa mencapai lebih dari 1 km sehingga suasana kawasan wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Tidak seperti pantai – pantai lainnya di Indonesia bahkan di luar negeri,  di sini anda bisa menikmati jalan – jalan santai di atas hamparan pasir putih sambil menikmati deburan ombak laut, pantai Losari Makassar tampil dengan konsep berbeda yaitu memadukan wisata alam dengan wisata pantai dan wisata kuliner.

Sepanjang bibir pantai dipasang tanggul beton sehingga tidak memungkinkan anda untuk bermain air ataupun pasir. Hal ini disebabkan karena ombak di pantai ini sangat kuat dan kadang – kadang mampu menarik anda sampai ke tengah laut.

Sebagai gantinya adalah disediakan berbagai wahana seperti Banana Boat, Sepeda Air dan juga wisata perahu.

Bagi anda yang suka berolahraga seperti jogging, Losari merupakan tempat yang tepat untuk melakukan aktifitas ini karena memang dirancang dengan trotoar yang super lebar dan nyaman serta sangat bersih bagi para pengunjung untuk dapat bergerak dengan leluasa.

Jogging pagi atau sore hari sambil menikmati matahari terbit atau matahari terbenam dijamin akan mampu menumbuhkan kesan tersendiri dalam perasaan si penikmat dan pastinya dapat menghindarkan anda dari rasa bosan.

Tetapi jika anda hanya ingin menikmati kesejukan pantai, maka disarankan untuk jogging pada pagi hari saja sambil menyambut sejuknya angin laut yang menampar lemubut wajah anda di pantai Losari.

Jangan Ke Pantai Losari Tanpa Menikmati Manisnya Pisang Epe

Pisang Epe merupakan kuliner berbahan dasar pisang Ambon yang dibakar dan dijepit ( di epe ) memakai alat pemanggang pisang khusus hingga tekstur pisang tersebut menjadi agak melebar dan mengeluarkan aroma harum yang manis sebagai tanda bahwa pisang sudah matang dipanggang.

Setalah pisang dibakar lalu ditambahkan sirup kental gula merah khas Sulawesi yaitu gula merah dari hasil olahan nira / aren yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Pisang Epe dijual dalam berbagai rasa seperti rasa durian, keju, dan coklat.

Tetapi sebelum anda ingin menikmati varian rasa pisang yang lain, sangat disarankan untuk mencoba rasa asli dari pisang Epe yang original yaitu memakai sirup gula merah yang kental berwarna coklat tua yang pekat.

Untuk bisa menikmati segala hiburan yang tersaji di pantai Losari sebaiknya anda berkunjung ke sini di luar musim penghujan dikarenakan Makassar merupakan kota yang memiliki curah hujan sangat tinggi.

Bisa anda bayangkan jika musim penghujan tiba, kota Makassar dimana – mana akan basah kuyup diguyur oleh hujan selama 3 hari 3 malam nonstop. Maka dari itu dibutuhkan perhitungan waktu yang tepat agar rencana liburan anda ke pantai Losari Makassar di Sulawesi selatan berjalan mulus.

Baca Artikel Lainnya :

Pantai Losari Makassar dan jajanan khasnya yaitu pisang epe merupakan 2 hal yang tak terpisahkan.

Pantai yang berlokasi di sebelah barat kota Makassar ini merupakan daerah favorit warga setempat dan turis asing untuk menikmati sunset di sore hari sambil memanjakan lidah anda dengan aneka kuliner khas Makassar yang terkenal akan sensasi gurihnya meskipun dalam sajian yang sangat sederhana.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

One thought on “Menikmati Pisang Epe Di Pantai Losari Makassar Sebagai Salah Satu Wujud Budaya Kuliner Indonesia Yang Sangat Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *