Meningitis : Penyakit Mematikan yang Menyerang Otak

Meningitis : Penyakit Mematikan yang Menyerang Otak – Kabar duka datang dari industri pertelevisian, Olga Saputra meninggal kemarin (27/03) pada pukul 17.17 waktu Singapura.

1

Hal ini cukup mengejutkan karena beliau meninggal di usia muda dan sebelumnya dikabarkan kondisinya mulai embaik setelah dirawat di Singapura.

Lantas apakah penyebab meninggalnya komedian kondang ini ? Olga meninggal akibat penyakit meningitis, yaitu peradangan pada selaput otak yang disebabkan oleh bakteri, virus, maupun fungi.

Meningitis merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan menyebabkan sekitar 120.000 kematian di dunia setiap tahunnya. Dan bahkan, 10% pasien akan meninggal dalam waktu 24-48 jam bahkan jika penderita bari didiagnosis. Bagaimana gejala dan cara menghidari penyakit ini ?

Meningitis ditandai dengan sakit kepala yang hebat dan lebih diakibatkan meningitis yang disebabkan oleh bakteri, diikuti sulitnya menggerakan leher ke depan karena terasa sangat kaku.

Gejala awal yang umum dialami adalah demam tinggi secara tiba-tiba dan perubahan mental, bahkan kehilangan sebagian ingatannya. Ciri lain yang berhubungan dengan meningitis adalah rasa takut terhadap cahaya dan sensitif terhadap suara keras.

Untuk anak kecil, gejala yang terjadi adalah rewel dan terlihat kuran sehat. Selain itu, penderita bayi akan mengalami penonjolan di bagian ubun-ubunnya hingga berusia 6 bulan.

Meningitis yang umum terjadi adalah yang disebabkan oleh bakteri Neisserria meningitidis yang dapat dicirikan dengan ruam merah dan dapat menyebar dengan sangat cepat. Ruuam ini akan menyebar ke seluruh badan dan tidak bisa hilang jika ditekan.

Walaupun tidak selalu terlihat, ruam ini dapat menjadi ciri yang spesifik dari penyakit ini. Jika dapat bertahan hidup, penderita meningitis tidak dapat hidup layaknya orang normal kembali. Terdapat efek jangka panjang seperti tuli, rusaknya otak, sulitnya belajar, kejang dan tiidak dapat melakukan aktivitas fisik yang berat. Bertahan hidup malah akan membuat si penderita semakin menderita.

Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan memperbaiki perilaku hidup. Pada dasarnya penyakit ini mudah sekali ditularkan, walaupun tidak semenula penyakit flu ataupun salesma.

Meningitis dapat menular melalui pertukaran cairan pernapasan dengan kontak langsung seperti ciuman, terkena liur penderita melalui batuk ataupun bersin, tetapi tidak disebarkan melalui udara layaknya flu.

Selain perubahan perilaku, pemberian vaksinasi dan antibiotik mampu mencegah penularan penyakit ini. Pemberian vaksin umumnya dilakukan kepada jamaah ibadah haji untuk mencegah resiko terserangnya penyakit ini saat melakukan ibadah.

Dan perlu kita perhatikan bahwa jika telah terlihat gejala penyakit ini, segera ke dokter dan jangan menundanya. Hal ini dikarenakan cepatnya perkembangan ppenyakit ini yang jika menundanya, akan semakin meningkatkan resiko yang tinggi mengalami kematian.

Semoga bermanfaat

Baca Juga : Waspadai Bakso Daging Babi yang Membahayakan Kesehatan

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *