Menjaga Hutan Milik Bersama

Menjaga Hutan Milik Bersama – Hutan ialah salah satu kekayaan alam yang mempunyai karakteristik luas dan dipenuhi oleh beberapa tumbuhan. Dimana dalam tempat tersebut menyimpan berbagai pepohonan dan juga dihuni oleh berbagai binatang. Meskipun begitu, Hutan tersebut tidaklah selalu jauh dari kehidupan di sekitar kita, ada diantara kita yang hidup berdampingan dengan Hutan tersebut. Bahkan menggantungkan kehidupan dan segala kebutuhannya dari hasil Hutan itu.

ss

Dari adanya ketergantungan tersebut, kita tak boleh mengambil keuntungannya saja tanpa memperhatikan ataupun memperdulikan keadaan tempat tersebut. Seperti halnya dari tindakan pengambilan pepohonan tanpa adanya penanaman bibit baru kembali. Bila ini terjadi secara terus menerus, Hutan tersebut bisa gundul dan bersih dari pepohonan yang nanti akan melindungi alam dan juga kehidupan manusia, terutama dari banjir ataupun tanah longsor. Untuk itu, Anda harus bisa menjaga Hutan karena manfaatnya pun akan kembali kepada kita. Bila saja tak diiringi oleh manfaat, maka dapat menjadikan dampak buruk yang siap menyerang kapan saja.

Sebagai upaya penjagaan Hutan bersama, Anda pun bisa memulainya dengan mudah. Langkah yang harus dilakukan secara bersama-sama agar terciptanya kekompakan dan juga kerja sama yang bagus, seperti:

  • Melakukan tebang pilih, tidak semaunya sendiri.
  • Adanya izin untuk melakukan penebangan di titik tertentu.
  • Terdapat batasan dalam penebangan yang akan dilakukan.
  • Melakukan penanaman Hutan kembali, dalam tempo waktu yang rutin.
  • Melakukan pengecekan terhadap Hutan tersebut, untuk mengetahui tanaman yang siap tumbuh ataupun yang harus ditanam lagi.

Beberapa upaya tersebut dapat berjalan dengan lancar apabila dilandasi oleh musyawarah bersama dalam satu mufakat. Dalam artian setiap warga yang tinggal di tempat tersebut harus bersedia melakukan penjagaan guna terciptanya Hutan yang sehat, yang senantiasa memberikan apa yang dibutuhkan tanpa ada habisnya.

Bila tidak ada timbal balik, maka Hutan tersebut tidak akan memiliki ketersediaan lagi bagi apa yang dibutuhkan nantinya. Untuk itu, menjaga dan melestarikan Hutan harus dilaksanakan bersama-sama dalam proses yang sesuai dengan hukum, agar nanti terhindar dari bahaya akan ketidak terawatnya Hutan tersebut. Bila tempat itu pun memadai, maka keuntungan pun akan kembali di dapatkan oleh semuanya, untuk alam, manusia dan beberapa binatang yang tinggal di sekitar tempat tersebut.

Menjaga Hutan termasuk pula dengan menjaga alam sekitar yang nantinya dijadikan sebagai sumber daya alam yang tak pernah mati. Bahkan kesehatan dan juga kesuburan dari tempat tersebut pun mampu menjadikan berbagai tanaman dan juga pepohonan sekitarnya dapat tumbuh dengan maksimal yang hasilnya pun bisa di panen oleh kita semua secara optimal. Jadi, penjagaan Hutan pun sangat perlu bahkan harus, bukan hanya mengambil hasil tanpa menanam lagi. Karena penanaman kembali akan memberikan hasil pada hari-hari berikutnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Menjaga Hutan Milik Bersama

  1. Pingback: 5 Perlakuan Tidak Adil Terhadap Hutan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Berbagai Macam Jenis Hutan Serta Manfaatnya bagi Kehidupan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *