Menjaga Vitalitas Tubuh di Usia Lanjut Menurunkan Resiko Kanker Paru

Menjaga Vitalitas Tubuh di Usia Lanjut Menurunkan Resiko Kanker Paru – Kanker paru merupakan penyakit berupa terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di paru-paru.

123

Penyakit ini umumnya lebih disebabkan pola hidup yang kurang sehat seperti mengonsumsi rokok, makanan dengan kolesterol yang tinggi, serta udara yang buruk.

Akan tetapi tahukah kamu bahwa Pria berusia 40 tahun yang menjaga vitalitasnya dengan olahraga mampu menurunkan resiko kanker ? Hal inilah yang disimpulkan oleh JAMA Oncology yang melihat pengaruh peningkatan kebugaran terhadap peluang bertahan hidup pria yang terkena kanker.

Dan bahkan dengan olahraga secara teratur, akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Selain itu, mengadopsi pola makan yang baik dan bergizi juga akan mencegah terjangkitnya penyakit mematikan lainnya.

Penulis dari JAMA Oncology mangatakan bahwa menjaga kebugaran sangat penting untuk mengurangi resiko kanker sampai dengan tahap yang bisa ditoleransikan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengukur kebugarannya dengan menggunakan treadmill.

Caranya adalah melihat dan memantau data kebugaran beberapa orang antara usia 46 sampai 50 tahun di Texas. Hal ini dilakukan dengan cara mengetes mereka di treadmill hingga kelelahan. Data ini alan diukur setiap 6 tahun sekali dan membandingkan data tersebut dengan riwayat penyakit kanker mereka.

Hasilnya adalah pria paruh baya yang sangat bugar akan menurunkan resiko terkena kanker paru-paru hingga 55 %. Adapun klasifikasinya adalah seorang pria dengan kebugaran rendah butuh berlari lebih dari 12 menit untuk lari. Paling tidak, seorang pria dikatakan bugar apabila berjalan sejauh 1 mil setiap harinya.

Akan tetapi, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebugaran tidak menurunkan resiko terserangnya kanker prostat. Akan tetapi menjaga kebugaran sangat penting untuk mencegah penyakit beresiko lainnya. Dr Lakoski mengungkapkan bahwa menjaga kebugaran sangat penting sebelum kanker tersebut terbentuk.

Memang manfaat ini tidak terasa dalam jangka waktu dekat. Namun, efek ini akan sangat terasa 20 tahun mendatang ketika mereka memasuki masa tua. Orang yang sangat bugar akan memiliki banyak keuntungan di masa tua mereka. Untuk itu, menjaga kesehatan sejak muda sangat bermanfaat bagi kamu.

Salah satu petugas kesehatan di Cancer Research, Inggris juga mengungkapkan bahwa riset ini merupakan pendekatan baru untuk mengurangi resiko kanker. Hal ini sangat bermanfaat mengingat seseorang hanya perlu melakukan olahraga rutin untuk tabungan masa tuanya. Yang juga sangat menarik bahwa tidak hanya kanker paru-paru, kanker prostat pun dapat dicegah dengan olahraga rutin.

Selain berdampak pada pria, aktivitas ini juga bermanfaat bagi wanita untuk mencegah resiko terserang penyakit kanker payudara. Akan tetapi, dibutuhkan penelitian yang lebih komprehensif dan jangka panjang untuk membuktikan dugaan tersebut. Dan penelitian ini akan tetap menarik untuk diteliti dan akan sangat bermanfaat kedepannya.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Menjaga Vitalitas Tubuh di Usia Lanjut Menurunkan Resiko Kanker Paru

  1. Pingback: Inilah Beberapa Makanan Indonesia Terkenal di Dunia | Joko Warino Blog

  2. Pingback: 5 Makanan Yang Aman di Konsumsi Saat Kadaluarsa | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *