Menu Makanan Yang Tidak Dianjurkan Untuk Sarapan

Tidak bisa dipungkiri bahwa sarapan pagi merupakan supplier tenaga terbesar di pagi hari sebelum aktivitas harian dimulai. Banyak ragam sarapan yang dapat ditemukan di  kota Jakarta. Sebut saja nasi uduk dengan lauk bihun goreng, tempe orek, dan ditaburi bawang goreng.

e 56

Selain itu adapula lontong sayur, terdiri dari irisan irisan lontong yang kemduain disiram dengan sayur labu atau peyaya dengan campuran tahu dan telur serta taburan bawang goreng diatasnya.

Adapula yang hanya mengisi sarapan dengan makan roti lapis, atau yang paling ekstrim adalam mencomot apapun jenis makanan yang tersedia meja makan.

Sebetulnya rasa lapar yang kita rasakan setiap pagi adalah wajar. Hal ini terjadi karena ketika kita tidur dari malam sampai pagi, organ tubuh kita justru sedang sibuk – sibuknya bekerja, yaitu lambung dan liver. Itulah mengapa di pagi hari perut terasa lapar, karena tubuh baru saja selesai melakukan proses cerna dan penyaringan racun.

Untuk itu sarapan yang masuk ke dalam di pagi hari, harus benar – benar disesuaikan dengan kondisi tubuh. Disarankan agar tidak memakan makanan yang sulit untuk dicerna. Makanlah sarapan yang mudah dicerna seperti buah – buahan.

Buah merupakan sarapan ideal bagi manusia, mengapa? Karena buah adalah makanan yang seratnya tidak keras sehingga mudah dicerna.

Ketika proses cerna berjalan, berarti tubuh akan mengalokasikan sebagian energy ke sana. Jika kita sarapan dengan makanan yang sulit dicerna seperti olahan daging (sosis, ham, kornet, dll) kita akan merasakan efek samping dari pencernaan yang terjadi itu, yaitu rasa kantuk.

Sementara pagi hari adalah waktu dimana aktivitas kita berjalan, ada yang harus belajar dan menyimak pelajaran di sekolah, bagi pekerja, ia harus bekerja dengan teliti dan produktif pada pagihari, rasa kantuk ini tentu saja dirasakan menghambat bagi aktivtas pagi.

Baca Artikel Lainnya :

Jadi, untuk sarapan selanjutnya, pilihlah buah – buahan sebagai sarapan kita. Jangan kuatir dengan stigma yang berkembang bahwa makan buah di pagi hari tidak baik bagi kesehatan lambung anda.

Sebab, secara logika buah justru mengandung fruktosa tinggi yang diperlukan untuk pembentukan energy di dalam tubuh dan energy inilah yang akan mendorong orang untuk bergerak dengan lebih gesit dan produktif tanpa perlu kuatir akan dihinggapi rasa kantuk berlebihan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *