Menyibak Keindahan Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu Malang

Menyibak Keindahan Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu Malang – Bagi anda warga Malang dan sekitarnya tentu sudah tidak asing dengan salah satu wisata alam yang sedang ramai diperbincangkan oleh para traveler di Indonesia khususnya yakni Pulau Sempu.

Untitled

Bagi para pecinta wisata alam yang belum pernah mendengarnya, Pulau Sempu merupakan sebuah cagar alam dengan luas sekitar 877 hektar yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur dan mempunyai empat ekosistem yaitu ekosistem hutan mangrove, hutan pantai, hutan tropis dataran rendah dan danau.

Pulau Sempu adalah salah satu dari surga panorama wisata alam yang ada di Indonesia. Daya tarik Pulau ini berupa sebuah danau alami yang berada di tengah-tengah pulau yang terbentuk dari besarnya ombak air laut selatan yang masuk lewat celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Pasir yang sangat bersih dan lembut membuat pulau ini menjadi kawasan wisata yang wajib untuk didatangi.

Lokasi dari Pulau Sempu berada di Pantai Sendang Biru Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Untuk menuju Pulau ini jika start dari kota Malang disarankan untuk menggunakan mobil pribadi karena jarak dari kota Malang menuju Pulau Sempu cukup lumayan jauh yaitu sekitar 69 kilometer.

Setelah sampai di Pantai Sendang Biru, dari sini anda harus menyewa perahu boat dengan membayar sekitar 150 ribu rupiah untuk menujui Pulau Sempu. Cukup banyak jumlah perahu yang tersedia untuk mengantar pengunjung menuju Pulau Sempu.

Dengan perahu ini pengunjung akan dibawa mendarat dan juga kembali lagi ke Sendang Biru karena  penjaga perahu akan memberikan nomor hp nya yang dapat anda hubungi sewaktu-waktu dan mereka akan menjemput lagi jika ada panggilan telepon dari anda.

Setelah trekking melewati hutan yang masih cukup lebat sekitar satu jam, anda akan sampai ke tempat tujuan utama yakni Segara Anakan Laguna yang katanya memiliki pemandangan yang begitu indah.

Akan tetapi karena banyaknya pengunjung yang kurang bertanggung jawab keadaan di sana menjadi kurang terawat. Banyak tenda-tenda berjejer bahkan seperti terlihat saling berebut tempat.

Suasana terebut ditambah dengan teriakan-teriakan dan gelak tawa dari para pengunjung yang mayoritas pemuda tanggung membuat suasana menjadi sangat gaduh. Saat long weekend memang jumlah pengunjung ke Pulau Sempu akan melonjak.

Baca Artikel Lainnya :

Tempat yang begitu indah seharusnya dijaga dengan baik, bukan berarti saya mengatakan harus menutup tempat ini agar tetap lestari, bukan itu. Tapi harus ada aturan yang lebih ketat dimana apa yang anda bawa masuk itu jugalah yang akan anda bawa keluar.

Hal ini harus diterapkan, karena banyaknya sampah yang berserakan di sekitar Segara Anakan mulai dari sampah bungkus permen sampai tas kresek banyak ditemukan, bahkan juga botol-botol beling.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *