Meraup Keuntungan dengan Lele Sangkuriang

Meraup Keuntungan dengan Lele SangkuriangPasti Anda sering mendengar lele sangkuriang bukan? Di jaman sekarang ini, kebutuhan masyarakat akan ikan ini memang terlampau besar.

Untitled

Sebenarnya untuk budidaya ikan yang satu ini sangat mudah serta menjanjikan, namun kurangnya pengetahuan masyarakat membuat budidaya ini kurang di lirik, padahal bila pengolahannya dilakukan dengan tepat serta Anda mengetahui teknik-teknik yang benar, bukan tidak mungkin Anda akan meraup lembaran rupiah berasal dari ikan ini. Bila Anda belum berpengalaman, tentu saja di awal akan banyak sekali kendala yang akan Anda temui.

Baca Juga : Cara Membedakan Lele Betina Dan Jantan

Persiapan kolam ikan

Sebelum memulai budidaya, tentu saja Anda harus menyiapkan kolam ini. Sebaiknya Anda harus melakukan perencanaan yang matang. Ada beberapa jenis kolam yang bisa Anda gunakan, entah semen maupun terpal.

Untuk jenis kolam yang ingin Anda gunakan untuk budidaya, sebaiknya sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Bila Anda memang memiliki budget yang berlebih, tidak ada salahnya bila Anda membuat kolam yang bersifat permanen.

Berikut cara untuk membuat kolam tanah, antara lain:

  1. Terlebih dahulu perhatikan bagian dinding yang akan Anda buat kolam, pastikan bagian dinding ini dalam kondisi yang padat serta tidak bocor. Cara mengecek kekuatannya, Anda bisa sedikit memukul-mukul dinding, bila dinding tersebut tidak padat, lebih baik Anda memilih area yang lain,
  2. Berikan kapur ke kolam. Untuk dosis normal, sebaiknya hanya berkisar 20 hingga 200 gram saja per meter. Pemberian kapur ini juga bergantung pada tingkat keasaman. Pemberian ini sebagai maksud agar tidak ada hama ataupun penyakit yang bersarang di kolam,
  3. Pasang pintu yang di gunakan sebagai penyaringan.

Persiapan bibit lele

Mempersiapkan bibit ini juga merupakan langkah yang sangat penting. Jika Anda memilih bibit yang cukup bagus, akan lebih terbuka kemungkinan keberhasilannya. Trik untuk memilih bibit yang bagus ini ialah dengan melihat apakah ikan tersebut cacat atau tidak, serta memiliki pergerakan yang relative lincah, serta memiliki warna yang sangat cerah.

Sebagai tips, lebih baik Anda membeli bibit ini di tempat yang benar-benar terpercaya. Untuk menebarkan bibit ikan ini, lebih baik Anda memilih waktu pagi atau sore, saat suhu masih dalam kondisi yang normal, masukkan lele secara perlahan-lahan agar ia mampu beradaptasi.

Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan, Anda bisa menggunakan pelet. Namun untuk meningkatkan nutrisi yang sangat berguna untuk pertumbuhan lele, Anda bisa menambahkan vitamin-vitamin yang berasal dari bahan alami.

Agar kolam yang ada tetap stabil, Anda juga bisa memberikan pupuk organic yang dikhususkan untuk perikanan. Hal ini berguna untuk menetralkan PH yang berada di dalam kolam. Serta agar plankton yang berada di dalamnya akan lebih cepat besar. Plankton ini dapat di jadikan untuk pakan nutrisi alami lele.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *