Metode Bagus Budidaya Tanaman Hias Daun Suji

Metode Bagus Budidaya Tanaman Hias Daun Suji – Daun suji merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup populer di Indonesia. Tanaman yang satu ini disukai banyak orang karena memiliki berbagai macam manfaat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai bahan pewarna alami.

Untitled

Ya, karena tanaman daun suji memiliki pigmen warna hijau yang pekat, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pewarna makanan yang alami. Pewarna hijau dari daun suji dipilih karena selain dapat membuat tampilan warna makanan menjadi cantik, juga sangat aman bagi kesehatan. Berbeda dengan pewarna makanan sintetis yang mengandung berbagai macam bahan kimia yang kurang baik bagi kesehatan.

Selain digunakan sebagai bahan pewarna alami, daun suji juga kerap ditanam di pekarangan rumah sebagai aksen penghias rumah. Bentuknya yang bergerombol dan ringkas terlihat enak dipandang. Tak heran tidak sedikit orang yang ingin mencoba membudidayakan jenis tanaman yang satu ini. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan jika hendak melakukan budidaya tanaman hias daun suji.

  1. Pembibitan

Pembibitan tanaman daun suji tergolong sangat mudah. Ada dua metode yang bisa digunakan untuk mendapatkan bibit tanaman ini, yakni bisa dengan cara pemisahan tunas yang tumbuh dari induk, atau bisa juga dengan cara stek batang. Namun jika anda menginginkan cara yang mudah dan cepat, maka bisa mencoba cara yang pertama yakni memisahkan tunas yang tumbuh dari indukan.

Setelah indukan berusia tua, akan tumbuh tunas di pangkal batang. Potong tunas tersebut beserta akar yang menempel kemudian simpan sementara di tempat atau ruangan yang basah dan lembab sebelum ditanam. Hal tersebut dilakukan agar mempercepat pertumbuhan tunas sehingga dapat tumbuh dengan lebih baik.

  1. Penanaman

Setelah  bibit daun suji siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam daun suji bisa dibuat dari campuran tanah dan pupuk (bisa pupuk kandang atau kompos) dengan perbandingan 1 banding 1. Campur media tanam tersebut secara merata.

Setelah media tanam siap, bisa langsung dilakukan penanaman. Tanam tunas yang telah tumbuh ke media tanam sedalam 5 sampai dengan 10 cm. Setelah itu padatkan tanah dan siram dengan air secukupnya untuk mempercepat proses pertumbuhan.

  1. Perawatan

Setelah tanaman selesai ditanam, langkah berikutnya adalah melakukan perawatan terhadap tanaman. Caranya adalah dengan penyiraman secara rutin. Tanaman daun suji ini merupakan tanaman berkayu yang memiliki kemampuan menyerap air tanah dengan baik. Oleh sebab itu lakukan penyiraman secukupnya saja.

Selain melakukan penyiraman secara rutin, lakukan perawatan lain dengan cara membersihkan daun-daun yang kering. Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, beri pupuk secara berkala antara 1 sampai dengan 2 bulan sekali. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk buatan ataupun pupuk organik.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *