Metode budidaya tanaman jagung manis asli indonesia

Metode budidaya tanaman jagung manis asli indonesia – Jagung merupakan salah tamu makanan poko bagi kebanyakan oran Indonesia, namun memang perannya tidak secara langsung menggantikan peran sepenuhnya dari padi. Saat ini jagung sendiri banyak dikembangbiaakan untuk diolah menjadi beberapa jenis olahan makanan. Salah satunya jenisjagung manis. Jagung manis (zea mays saccharata) merupakan saalah satu jenis jagungyang biasa dibudidayakan di Indonesia. jagung ini sebenarnya lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit daripada jagung biasa, tetapi apabila dilihat dari sisi nilai jual jagung manisakan menawarkan harga yang lebih baik daripada jagung biasa. Oleh karena itu banyak orang yang tertarik untuk mulai membudidayakan jagung jenis ini.

Budidaya jagung masnis dapat dilakukan dalam kisaran iklim yang cukup luas, ini disebabkan karena tingkat adaptasi dari tanaman ini yang tergolong tinggi. Di Indonesia jagunang manisdapat dibudidayakan mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi hingga 1800 mdpl. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila banyak orang yang mulai untuk melirik melakaukanbudidaya jagung manis ini.

Tapi sebelum anda ikut terjun dalam budidaya jagung manis ada baikya anda untuk mengetahui faktor faktor yang berpengaruh serta bagaimana cara untuk membudidayakanjagung manis dengan benar, agar pada panen nanti anda memperoleh keuntungan sesuai dengan harapan.

METODE BUDIDAYA JAGUNG MANIS 

  1. Pengolahan lahan secara organik 

Untuk budidaya jagung manis memerlukan lahan yang memiliki banyak unsur hara, sebabjagung manis akan sulit untuk tumbuh dengan optimal apabila kebutuhan nutrisinya tidak dapat dipenuhi. Budidaya jagung dapat dilakukan di lahan bekas sawah. Tetapi usahakan lahan yang akan digunakan untuk budidaya jagung tidak tergenang oleh air. Buatlah bedengan untuk mengatur drainase dari lahan. Bedengan dapat dibuat dengan lebar sekitar 1 m dengan tinggi 20 – 30 cm. Atur jarak untuk masing masing bedengan sekitar 30 cm. Dalam setiap bedengan dapat ditanam 2 larik tanaman.

Kemudian lakukan pemupukan dasar pada bedengan, pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk kandang dari kotoran sapi atau kambing dengan perbandingan 1 : 1

  1. Penanaman dan perawatan tanaman

Untuk penanaman jagung manis cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan cara ditugal. Bertama buatlah lubang dengan kedalaman 2 – 3 cm pada tanah kemudian masukkan 2 – 3 butir jagung. Kemudian tutup dengan menggunakan campuran tanah dan kompos. Setelah itu siram untuk menjaga kelembaban tanah. Jarak untuk masing masing tanaman adalah 60 – 75 cm. Jarak ini ditentukan oleh jumlah poulasi pertumbuhan tanaman yang ideal.

Untuk perawatan jagung anda dapat melakukan pemupukan dan penyiraman secara teratur, apabila kondisi dalam musim kemarau penyiraman dilakukan untuk menjaga kadar air dalam tanah agar jagun tidak mati kekeringan.

  1. Pengendalian hama dan penyakit pada jagung 

Hama dan penyakit akan lebih mudah untuk menyerang jagung, olah karena itu penggunaan cara yang tepat dalam mengantisipasi serta melakukan perawatan terhadap tanaman akan sengat diperlukan. Hama yang sering merusak jagung manis adalah penggerek batang jagung, ulat tongkol, belalang serta tikus sawah. Selain hama tadi penyakit yang akan sering menyerang jagunang yang ditanam di daerah tropis adalah bule, karat, hawar daun, cendawan serta hawar pelepah.

  1. Panen jagung manis 

Panen jagung manis dapat dilakukan setelah jagung berusia 65 – 75 hari setelah ditanam. Biasanya jagung mulai berbunga pada usia 50 hari.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *