Metode cara Memperbanyak kelinci dan teknik budidayanya

Metode cara Memperbanyak kelinci dan teknik budidayanya – Pada awalnya, orang membudidayakan kelinci hanya untuk binatang peliharaan, bahan pangan serta sebagai hewan uji coba. Kelinci dapat hidup di berbagai macam iklim serta cuaca, karen akelinci merupakan hewan yang dapat cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan hidupnya.

kelinci

Semakin berkembangnya waktu banak orang mulai melirik usaha budidaya kelinci, selain untuk dimanfaatkan untuk peliharaan daging serta bulu kelinci merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan.bulu kelinci juga biasa ddimanfaatkan untuk kerajinan. Tidak hanya itu, kotoran kelinci biasanya juga dimanfaatkan untuk bahan pupuk organik. Oleh karena itu banyak orang yang mulai menggeluti usaha bisnis ini.

PERSYARATAN LOKASI UNTUK BUDIDAYA KELINCI

Persyaratan yang harus dierhatikan sebelum anda membudidayakan kelinci adalah sebagai berikut:

  1. Dekat dengan sumber air

Kelinci memang tidak membutuhkan air untuk minum, tetapi loksai yang dekat dengan sumber air akan lebih bagus untuk membudidayakan kelinci

  1. Jauh dari kediaman

Lokasi untuk membudidayakan kelinci akan lebih bagus apabila jauh dari tempat tinggal, hal ini di karenakan kelinci tidak terlalu nyaman dengan banyaknya interaksi dengan manusia.

  1. Bebas gangguan dari asap, aroma bau bauan, serta suara bising

Lokasi yang bebas gangguan asap juga berpengaruh pada proses pertumbuhan kelinci, apabila kelinci dikembangbiakan di daerah yang berpolusi maka kelinci akan terlihat kotor.

  1. Terlindung dari predator

Hal ini juga penting, karena apbila anda ingin membudidayakan kelinci, tempatnya juga harus terlindung dari bahaya predator.

PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA KELINCI

Hal yang perlu untuk diperhatikan sebelum memulai usaha ternak adalah persiapan teknis mulai dari lokasi, kandang, penyediaan bibit, serta pakan.

  1. Lokasi budidaya kelinci

Seperti yang telah dijelaskan diatas lokasi yang baik untuk memulai budidaya kelinci adalah seperti diatas.

  1. Kandang

Untuk kandang kelinci dibedakan menjadi beberapa jenis :

  • Kandang sistem postal, yakni kandang yang tidak memiliki halaman pengumbaran, ditempatkan didalam ruangan & cocok untuk kelinci muda.
  • Kandang sistem ranch ; kandang ini dilengkapi dengan halaman untuk pengumbaran.
  • Kandang battery, adalah kandang yang mirip sangkar berderet dimana satu sangkar untuk satu ekor dengan konstruksi Flatdech Battery (berjajar), Pyramidal Battery (susun piramid), Tier Battery (bertingkat).

Perlengkapan kandang yang diperlukan dalam pembudidayaan adalah tempat pakan dan minum yang tahan pecah serta mudah dibersihkan.

  1. Pembibitan kelinci

Untuk pembibitan agar lebih mudah anda dapat membeli bibit dari kelinci yang memang biasanya sudah disiapkan, untuk kelinci konsumsi biasanya bibit dapat dibeli di toko toko yang memang sudah menyiapkan. Sedangkan jika anda bertujuan untuk membudidayakan kelinci hias seperti angora biasanya anda bisa mendapat di toko peliharaan atau pet house yang sudah memiliki kualitas.

  1. Perawatan dan pemeliharaan

Untuk perawatan kelinci anda harus memperhatikan kebersihan dari kandang, jangan sampai membiarkan kotoran sampai menumpuk. Kemudian untuk mencegah kelinci dewasa terlalu dini biasanya dilakukan pemisahan antara kelinci jantan dan kelinci betina.

  1. Pemberian pakan

Pakan yang bagus untuk kelinci adalah sayuran yang meliputi kol, sawi, kangkung, daun turi, daun kacang, biji bijian, jagung, kacang hijau, padi, sorghum, kacang tanah serta bunkil bungkilan.

  1. Panen kelinci

Untuk panen anda dapat memisahkan antara kelinci yang bisa di panen, tetapi pisahkan terlebih dahulu induk pilihan agar proses perkembang biakannya terus berlanjut sehingga anda tidak perlu membelli induk unggulan lagi. Untuk pemasaran anda dapat memilih pasar dengan hasil panen anda.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *