Metode Dan Teknik Budidaya Talas Bogor Yang Tepat

Metode Dan Teknik Budidaya Talas Bogor Yang Tepat – Talas merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia. Tanaman yang memiliki bentuk daun hati atau perisai ini tak hanya bisa hidup dengan baik di Indonesia, namun talas juga eksis di berbagai penjuru dunia.

talas2

Di Filipina talas dikenal dengan nama Abalong, di Brazil bernama Taioba,di India memiliki nama Arvi, di Jepang disebut Satoimo, di Spanyol memiliki nama Tayoba, dan di China talas terkenal dengan sebutan Yu-tao. Tanaman yang satu ini cukup digameri karena kaya akan karbohidrat dan vitamin.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil talas yang populer adalah Bogor. Banyak orang yang menyebut talas Bogor adalah talas yang memiliki kualitas tinggi. Namun sebenarnya di Bogor sendiri banyak tumbuh berbagai macam jenis talas mulai dari talas sutera, ketan, dan bentul.
Talas sendiri juga terkenal sebagai salah satu bahan pangan, namun tidak semua jenis talas bisa dimakan. Ada beberapa jenis talas seperti talas sente dan talas bolang yang apabila dimakan akan menimbulkan rasa gatal-gatal. Jenis talas ini biasanya hanya dimanfaatkan untuk pajangan atau daunnya digunakan sebagai pakan ikan.

Tanaman talas tak hanya digunakan sebagai salah satu bahan pangan, namun juga bisa digunakan sebagai obat dan pakan ternak. Itulah sebab mengapa tanaman yang satu ini disukai, karena semua bagiannya dapat bermanfaat.

Budidaya tanaman talas Bogor terbilang cukup menggiurkan. Produktifitas talas bisa mencapai 30 ton per hektar pada kondisi yang optimal. Perawatan tanaman yang satu ini terbilang tidak terlalu susah.

Selain itu talas dapat tumbuh dengan subur di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia dengan ketinggian nol sampai 1300 meter di atas permukaan air laut. Berikut beberapa hal yang perlu dicermati saat ingin melakukan budidaya tanaman talas Bogor.

1. Pembibitan
Pembibitan tanaman talas biasanya menggunakan anakan atau tunas dari tanaman sebelumnya. Sebaiknya yang digunakan untuk bibit adalah anakan ke dua atau ke tiga, dan sudah berumur 5 hingga 7 bulan. Anakan dipindahkan dari pohon induk kemudian didiamkan di tempat yang lembab sebelum ditanam.

2. Pengolahan Lahan
Lahan yang akan digunakan untuk budidaya talas Bogor harus diolah terlebih dahulu dengan cara membersihkannya dari gulma kemudia menggemburkannya. Setelah tanah gembur lalu dibuat bedengan dan pemberian pupuk dasar.

3. Penanaman
Setelah lahan siap, bibit talas langsung bisa ditanam di lahan dengan jarak tanam 75 x 75 cm dan dengan kedalam an30 cm. Jarak tanam bisa disuaikan dengan kondisi lahan dan musim saat tanam. Penanaman yang baik biasa dilakukan pada saat awal musim penghujan. Cara menanamnya tinggal tarus bibit umbi di lubang kemudian timbun dengan tanah sekitar 7 cm.

4. Pemeliharaan
talas1Pemeliharaan tanaman talas Bogor terbilang cukup mudah. Yang perlu dilakukan pertama-tama adalah penyiangan. Penyiangan dilakukan agar tanaman terbebas dari gangguan gulma. Selain penyiangan juga harus dilakukan pemupukan. Pemupukan dilakuakn selama 4 kali. Yang pertama pada saat pengolahan tanah, yang kedua saat tanaman berumur 1 bulan, yang ketiga saat tanaman berumur 3 bulan, dan yang terakhir saat berumur 5 bulan. Selain itu juga harus diperhatikan masalah penyiraman dan pengarian. Karena talas membutuhkan tempat yang lembab.

5. Pemanenan
Masa panen umbi bocor bermacam-macam mulai dari 4 bulan sampai dengan 1 tahun terhantung jenisnya. Cara panen sama seperti umbi lain yakni dengan menyingkirkan pohon dan menggali tanah tempat umbi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *