Metode Menanam Tanaman Hias Bunga Kamboja

Metode Menanam Tanaman Hias Bunga Kamboja – Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bunga kamboja atau yang memiliki nama lain adenium bukan? Bunga yang satu ini biasanya dapat kita temui hampir di seluruh area pemakaman. Namun ada juga yang menanam tanaman yang satu ini untuk aksen penghias halaman atau pekarangan rumah.

juara 8

Ya, bunga kamboja merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena bentuknya yang cantik dan menawan. Warna-warna bunga yang dihasilkan juga nampak elok dan bermacam-macam tergantung jenisnya. Selain itu bunga jenis ini juga memiliki aroma yang harum seperti bunga mawar.

Tanaman hias bunga kamboja sebenarnya berasal dari wilayah Amerika, Asia Barat, serta Afrika. Tanaman yang satu ini juga merupakan tanaman tahan banting yang mampu bertahan hidup dalam perubahan-perubahan cuaca yang terjadi. Umur tanaman ini bisa mencapai ratusan tahun.

Ada beberapa jenis tanaman hias bunga kamboja yang bisa kita jumpai diantaranya adalah adenium windmill, adenium waterfall, adenium swazicum, adenium obesum, adenium white knight, adenium multiflorum, sampai dengan adenium boehmianum.

Tanaman yang satu ini memiliki ciri batangnya yang sangat keras namun ujung-ujungnya lunak dan bergetah. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 6 meter. Warna bunganya dominan putih dan sedikit merah atau kuning di bagian mahkota dan kelopaknya. Daun tanaman ini berwarna hijau dengan ujungnya yang berbentuk melengkung tumpul. Bunga dari tanaman kamboja juga memiliki bau yang khas.

Untuk melakukan  budidaya tanaman bungan hias bunga kamboja terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui teknik-teknik dasarnya untuk bisa mencoba memulai menanam tanaman kamboja.

Pertama-tama yang harus anda siapkan adalah bibit dari kamboja, media tanam tanah, dan polybag. Isi polybag dengan 100 sampai dengan 200 liter tanah. Setelah itu buat lubang dengan ukuran 120 x 120 meter. Lubang tersebut memiliki kedalaman 80 sampai dengan 100 cm. Pastikan bahwa tempat anda menanam pohon kamboja tadi tidak ada batu-batu, atau sampah yang nantinya akan mengganggu pertumbuhan tanaman kamboja.

Setelah selesai ditanam, selanjutnya dilakukan perawatan agar bunga kamboja dapat tumbuh dengan baik. Perawatan bisa dilakukan dengan cara meletakkan tanaman ini di bawah sinar matahari secara langsung. Ya, tanaman jenis ini bisa tumbuh dengan sempurna apabila memperoleh rangsangan sinar matahari secara cukup.

Selain itu lakukan pemangkasan daun secara rutin agar tanaman tetap terlihat rapih. Lakukan pencegahan terhadap berbagai macam hama yang mengancam seperti tungau dan serangga. Yang terpentung adalah jaga asupan air bunga kamboja agar tetap tercukupi. Walaupun tanaman ini bisa menyimpan  cadangan air dalam jumlah yang lumayan banyak, namun intensitas penyiraman air juga harus diperhatikan dengan baik.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *