Mewujudkan Kedaulatan dan Ketahanan Pangan

Mewujudkan Kedaulatan dan Ketahanan Pangan – Pemenuhan kebutuhan pangan dalam negeri merupakan suatu masalah pelik yang belum bisa terpecahkan secara menyeluruh. Terlepas dari kebijakan impor bahan-bahan pangan yang dilakukan oleh pemerintah, kerjasama seluruh rakyat untuk mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan dirasa merupakan hal yang lebih penting untuk dilakukan. Banyak undang-undang yang mengatur kebijakan kedaulatan dan ketahanan pangan, akan tetapi untuk melaksanakannya perlu dilakukan penyeragaman persepsi mengenai konsep kedaulatan dan ketahanan pangan.

ked

Mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan bukanlah perkara yang mudah. Melihat kondisi secara luas yang terjadi di masyarakat, banyak terjadi perilaku yang lebih mengarah pada perwujudan ketahanan pangan tanpa mempraktekkan kedaulatan pangan. Terdapat garis merah yang membatasi perbedaan keduanya. Ketahanan pangan disini adalah bagaimana cara untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan tanpa pertimbangan asal produksi pangan tersebut, bahkan cenderung lebih memilih mengonsumsi produk dari luar. Jika terjadi secara terus-menerus, maka kedaulatan pangan atas produksi sendiri akan mengalami penurunan, bahkan kelangkaan.

Kedaulatan pangan merupakan hak dari setiap bangsa dan setiap rakyat untuk mewujudkan sendiri keberadaan pangannya, dengan produksi secara mandiri baik dari sektor pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan. Dilihat dari pengertiannya, tentu kedaulatan pangan bisa menjadi tolak ukur terciptanya ketahanan pangan di suatu negara. Kunci untuk mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan salah satunya adalah membatasi sifat konsumtif yang tanpa batas dan melakukan regenerasi sumber daya yang ada untuk tetap dapat melakukan produksi dan mewujudkan kedaulatan pangannya.

Bukan perkara mudah untuk memulai melakukan tindakan-tindakan yang mendukung terciptanya suatu kedaulatan pangan. Hal ini membutuhkan kerja sama dari berbagai sektor, untuk menggerakkan, melaksanakan, mengawasi dan melakukan evaluasi dari setiap kegiatan nantinya. Berikut ini beberapa aplikasi sederhana yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan.

  1. Membatasi penggunaan sumber daya alam secara berlebihan.
  2. Menghindari pemanfaatan sumber daya alam dengan cara perusakan lingkungannya.
  3. Melakukan regenerasi dari sumber daya alam yang telah digunakan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara tidak merusak ekosistem yang ada. Menghentikan penebangan hutan liar dan perusakan laut dan terumbu karang.
  4. Meminimalisir pembangunan yang tidak berasas ramah lingkungan. Bisa dilihat sekarang ini banyak lahan-lahan pertanian yang disulap menjadi gedung-gedung bertingkat. Tentu hal ini akan mengganggu rantai produksi dalam upaya melakukan kedaulatan pangan

Baca Artikel Lainnya ;

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *