Michael Jackson, Seorang Seniman Musik

jacksonBiografi Michael Jackson, Seorang Seniman Musik – Michael Joseph Jackson lahir pada tanggal 29 Agustus 1958. Michael Jackson merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat.

Michael Jackson merupakan seorang penyanyi, produser rekaman, penari dan juga seorang aktor. Michael Jackson sering disebut sebagai Rajanya Musik Pop.

Kontribusi Michael Jackson dalam musik dan tarian kemudian kehidupan pribadinya yang selalu terpublikasi membuat Michael Jackson menjadi seorang tokoh dunia dalam budaya seni popular selama lebih dari empat dekade.

Michael Jackson merupakan anak ke delapan dari keluarga Jackson. Michael Jackson membuat debut di dunia music professional bersama dengan kakak-kakak laki-lakinya Jackie, Tito, Jermaine dan Marlon sebagai bagian dari anggota kelompok music The Jackson 5 di tahun 1964 dan Michael Jackson memulai karir solo bermusiknya di tahun 1971.

Di awal tahun 1980an, Michael Jackson menjadi seorang tokoh yang mendominasi di music popular. Video music milik Michael Jackson untuk lagu-lagunya termasuk Beat It, Billie Jean dan Thriller dari album Thrillernya di tahun 1982, dengan album ini menghancurkan batasan ras yang sebelumnya terjadi dengan mentransformasi media menjadi bentuk seni dan alat promosi.

Kepopuleran video-video music tersebut membantu membawa saluran televisi MTV menjadi terkenal. Album Michael Jackson yang berjudul Bad di tahun 1987 masuk ke dalam daftar 100 musik ter-HOT Billboard, lagu nomor satu I just can’t stop loving you, Bad, The way You Make Me Feel, Man in mirror dan Dirty Diana menjadi album pertama di dunia yang memiliki lima lagu yang masuk ke dalam daftar 100 lagu ter-HOT Billboard.

Dengan video-video music seperti Black or White dan Scream, Michael Jackson melanjutkan untuk menginovasikan media di sepanajng tahun 1990an, juga menempa reputasi sebagai seorang artis solo.

Melalui pertunjukkan panggung dan video, Michael Jackson mempopulerkan sejumlah teknik menari yang rumit seperti gaya menari robot dan moonwalk, yang mana Michael Jackson member nama tarian tersebut. Gaya dan jenis music Michael Jackson yang khas telah mempengaruhi banyak artis dari bermacam-macam jenis musik.

Thriller merupakan album dengan penjualan terbaik sepanjang masa, dengan perkiraan penjualan sekotar 65 juta kopi di seluruh dunia. Albumnya yang lain termasuk Off the Wakk tahun 1979, Bad, Dangerous tahun 1991 dan HIStory di tahun 1995 juga menjadi yang teratas diantara album dengan penjualan terbaik di dunia.

Michael Jackson merupakan satu dari sedikit artis yang telah masuk ke daftar Rock and Roll Hall of Fame sebanyak dua kali. Selain itu, Michael Jackson juga masuk ke dalam daftar penulis lagu Hall of Fame dan juga the Dance Hall of Fame sebagai penari pertama dan satu-satunya dari music pop dan rock.

Pencapaian Michael Jackson lainnya. Selain itu, termasuk berkali-kali masuk Guinnes World Records, tiga belas kali Grammy Awards, Grammy Legend Award, Grammy Lifetime Achievement Award, dua puluh enam kali American Music Award, dengan pencapaian tersebut Michael Jackson mendapatkan lebih dibandingkan artis-artis lainnya termasuk Artist of the Century dan Artist of the 1980an, tiga belas kali lagu nomor satu di Amerika Serikat selama karir solo bermusiknya.

Tidak hanya itu saja, Michael Jackson menjadi penyanyi laki-laki dalam Hot 100 dan memperkirakan penjualan musiknya lebih dari 400 juta di seluruh dunia. Michael Jackson telah mendapatkan banyak sekali penghargaan dan membuatnya menjadi artis yang paling banyak mendapatkan penghargaan dalam sejarah music. Michael Jackson menjadi artis pertama dalam sejarah music yang memiliki 10 lagu teratas dalam Billboard Hot 100 dalam lima decade berbeda.

Ketika sedang mempersiapkan konser, Michael Jackson meninggal karena propofol akut dan benzodiazepine pada tanggal 25 Juni 2009 setelah menderita penyakit jantung.

Baca juga : Biografi Bob Marley, Seniman Musik Reggae

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *