Michaelangelo Buonarroti, Seniman zaman Renaissance

Michaelangelo Buonarroti, Seniman zaman Renaissance – Pemilik nama lengkap Michaelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni ini lebih dikenal dengan panggilan Michaelangelo. Michaelangelo lahir pada tanggal 6 Maret 1475 di Caprese, Arezzo (saat ini Toskana, Italia).michaelangelo

Michaelangelo merupakan seorang pelukis ternama, selain itu juga seorang pujangga, pemahat serta seorang arsitek di zaman Renaissance yang pengaruhnya tidak tertandingi di seni barat. Michaelangelo dianggap seniman terhebat selama hidupnya dan juga menjadi salah satu seniman terhebat sepanjang masa.

Michaelangelo memiliki ayah bernama Lodovico di Leonardo di Buonarotti di Simoni yang merupakan seorang pegawai di bidang hukum yang berlokasi Caprese. Sedangkan ibunya bernama Francesca di Neri del Miniato di Siena.

Keluarga Michaelangelo mempunyai status kebangsawanan yang rendah. Ayah Michaelangelo menginginkan Michaelangelo untuk berkonsentrasi pada profesi yang dianggap mapan namun Michaelangelo lebih menyukai seni.

Kemudian ayahnya meminta Domenico Ghirlandaio dan Bertoldo di Giovanni untuk membimbing Michaelangelo namun Michaelangelo tidak menyukai hal ini dikarenakan suatu hal yang tidak diketahui sehingga Domenico Ghirlandaio merekomendasikan Michaelangelo kepada Lorenzo de Medici.

Michaelangelo kemudian menghasilkan beberapa karya yang lumayan mengagumkan untuk umurnya yang masih sangat muda yaitu belasan tahun. Namun, hal ini belum dapat membuat nama Michaelangelo menjadi lebih dikenal.

Sejumlah karya – karya Michaelangelo baik itu lukisan, ukiran dan arsitektur berada di tingkatan yang paling terkenal dari karya – karya yang pernah ada. Karya – karya Michaelangelo di setiap bidang sangatlah banyak dan banyak pula yang masih bertahan sehingga karya – karya Michaelangelo menjadi dokumen – dokumen terbaik seniman dari abad ke 16.

Dua dari karya Michaelangelo yang paling dikenal adalah Pieta dan David yang diukir sebelum Michaelangelo berumur 30 tahun. Selain itu, Michaelangelo membuat dua lukisan dinding (Fresko) yang paling berpengaruh di dalam sejarah seni barat. Dua lukisan tersebut The Last Judgment dan ceiling of the Sistine Chapel atau pengadilan terakhir pada dinding altar dari Kapel Sistina. Michaelangelo juga berhasil menjadi arsitek St. Peter’s Basilica.

Michaelangelo merupakan seniman barat pertama yang biografinya dipublikasikan ketika Michaelangelo masih hidup. Dua biografi dipublikasikan selama hidupnya, satu diantaranya ditulis oleh Giorgio Vasari.

Karakteristik perfeksionisme Michaelangelo telah mulai berkembang ketika Lorenzo de Medici melancarkan kritikan – kritikan kepada Michaelangelo. Michaelangelo terkenal karena sumbangan Michaelangelo dalam studi anatomi di dalam seni rupa. Di zaman inilah mulainya penelitian – penelitian secara langsung pada organ tubuh serta alat gerak dari tubuh manusia yang telah meninggal atau mayat.

Michaelangelo di dalam hidupnya terlibat banyak sekali masalah yang dihadapinya. Salah satunya mengenai tuduhan bahwa Michaelangelo merupakan seorang homoseksual karena karya – karya yang dihasilkan Michaelangelo sering sekali menggunakan objek – objek yang berkaitan dengan tubuh laki – laki.

Namun, itu diragukan karena Michaelangelo pernah dekat dengan seorang wanita bernama Vittoria Colonna. Selain itu, Michaelangelo juga terlibat masalah karena pernah membongkar tubuh mayat. Hal ini menyebabkan Michaelangelo harus banyak mengalami pemeriksaan.

Baca juga : Benjamin Franklin, Salah Satu Ilmuwan Amerika

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *