Misteri Atlantis yang Hilang

Pernahkah Anda mendengar mengenai legenda Atlantis yang hilang, tentunya pernah bukan, benua ini dulunya dikenal memiliki peradaban yang sangat maju, bahkan dibandingkan di era modern ini negara tersebut dikatakan lebih maju. Namun karena suatu bencana harus tenggelam.

fi 25

Hal yang menarik untuk diperbincangkan saat ini adalah dimanakah sebenarnya Atlantis tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa benua ini hanyalah cerita fiksi yang tak ada kebenarannya, namun banyak sekali ilmuan yang masih mencoba menggali keberadaan sisa-sisa peradaban kuno namun maju tersebut.

Dalam bahasa Yunani nama Atlantis berarti pulau Atlas, dulunya pulau ini digambarkan memiliki kekuatan yang sangat hebat dan dapat meruntuhkan Athena kuno. Tulisan yang cukup mengejutkan mengenai Atlantis yang hilang tersebut diterbitkan oleh plato di tahun 360 sebelum masehi, hanya saja meskipun sudah mengutarakan bagian-bagian pembuka hingga isis, namun hingga sekarang tulisan tersebut tak pernah terselesaikan, ini juga yang menjadi pertanyaan apakah sebenarnya Atlantis ada atau tidak.

Dari yang tertulis oleh Critias diceritakan bahwa dulunya dewa-dewi memiliki benua mereka masing-masing karena terbagi atas beberapa bagian sehingga untuk satu penguasa hanya memiliki satu tanah kekuasannya, itulah yang dianggap sebagai konsep keadilan. Atlantis sendiri dimiliki oleh poseidon yang dikenal sebagai dewa penguasa lautan. Pulau tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan benua-benua lainnya, namun karena suatu perkara ada guncangan besar yang menenggelamkannya.

Ada yang menyebutkan bahwa Atlantis merupakan sebuah pulau yang banyak pegunungan di bagian utaranya, kemudian juga memiliki pertanian yang sangat subur karena matahari juga tak bisa dirasakan sepanjang tahun. Berdasarkan hal tersebut banyak yang mengatakan bahwa Atlantis ini sebenarnya berada di kawasan Asia tenggara yang merupakan daerah dengan cuaca tropis, yaitu mengalami kemarau dan penghujan saja, namun kapanpun itu sinar matahari tetap bisa dirasakan sepanjang tahun.

Sedangkan untuk sejarah Atlantis modern ternyata masih ada lagi cerita menariknya, berdasarkan tulisan yang dibuat oleh Plato banyak kemudian yang tertarik membuktikan keberadaan dari Atlantis tersebut. Sir Thomas adalah orang pertama yang menyebutkan istilah ‘Utopia’ dalam menggambarkan Atlantis yang merupakan dunia baru kala itu. Selama ini telah banyak yang membaca karya-karya mengenai Atlantis tersebut dan tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai kebenarannya.

Namun sulit memang jika harus membuktikan secara langsung, mengingat jika memang benar ada maka keberadaannya jauh berada di dasar laut, setelah ribuan tahun bisa jadi juga bekas-bekas peninggalannya akan hilang termakan usia. Misteri keberadaan Atlantis yang hilang tersebut juga mengilhami sutradara-sutradara ternama dalam menciptakan karya mereka, mulai dari kartun hingga tayangan dengan lakon manusia.

Kajian mengenai keberadaan benua tersebut masih menjadi tanda tanya hingga saat ini namun juga sangat menarik untuk ditelusuri.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *