Misteri dan Fakta Unik Air Terjun Sembilan Naga

Air terjun sembilan naga merupakan nama untuk air terjun yang sangat indah di China. Tepatnya di Desa Yidule, 14 mil atau sekitar 22 km dari Luoping County, kota Qujing.

q 22

Kenapa disebut air terjun sembilan naga? Ini ada legendanya. Namun, selain itu, memang air terjun ini berkelok-kelok, tampak seperti naga perak yang melalui bentangan pegunungan hijau. Panjang seluruh daerah yang dilewati air terjun ini sekitar 4 km.

Air terjun sembilan naga terkenal karena keindahan dan kemegahan air terjun dan pemandangan di sekitarnya. Benar-benar dibuat sedemikian rupa, baik dari pemandangan, jatuhnya air terjun sampai ketepatan atau presisi penempatannya. Tentu saja, yang bisa membuat semua ini hanya kuasa Tuhan.

q 23

Di balik namanya, air terjun sembilan naga ini menyimpan legenda yang unik. Diceritakan, dahulu wilayah Luoping adalah lautan luas. Sembilan naga yang terdiri dari delapan naga hitam dan satu naga putih turun untuk bersemayam di laut tersebut.

Naga putih yang pertama kali turun, kemudian disusul oleh ke delapan naga hitam, secara bertahap. Setiap baga mendiami tempat yang berbeda. Naga hitam, diceritakan memiliki perilaku yang buruk, perilaku naga hitam terakhir merugikan warga sekitar.

Oleh karena itu, dewa petir, angin dan hujan menghukumnya. Ketiga dewa tersebut memutuskan untuk menghukum naga hitam terakhir dengan memotong daerah yang didiaminya menjadi tiga kolam yang berbeda ketinggiannya.

Kolam tertinggi itulah disebut air terjun sembilan naga yang ketinggiannya mencapai ratusan meter dari permukaan tanah. Karena faktor alam, berupa erosi yang terjadi selama puluhan tahun, sepuluh air terjun yang terbentuk di tempat yang berbeda akhirnya terbentuk di sembilan tingkatan ketinggian yang berbeda, yang dikenal ‘sembilan naga, sepuluh air terjun’.

q 24

Air terjun ini berubah dari musim ke musim, dan yang paling indah adalah saat musim gugur dan musim panas. Sebab kolamnya tampak begitu jernih, air yang mengalir sangat indah dan terlihat begitu segar dengan efek cerah cahaya matahari yang menyilaukannya.

Air terjun yang paling megah berada di ketinggian 56 meter di atas permukaan tanah dan memiliki lebar 114 meter. Suara gemuruh airnya sangat keras dan memekakkan telinga.

q 25

q 26

Baca Artikel Lainnya :

Lebih unik lagi, ada gua di balik air terjun dan kolam renang di bawahnya. Bayangkan kalau kita berenang di kolam tersebut atau menyusuri gua sedalam 10 meter itu. Surga dunia…

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *