Misteri dan Mitos Tentang Gunung Raung

Bagi kalian yang sangat menyukai dunia pendakian dengan pemandangan indah dan eksotis, Gunung Raung merupakan destinasi yang pas dan mantap untuk kalian arungi, dan bagi kalian yang hobby menjelajah tempat yang sangat kental dengan kisah misteri, Gunung Raung juga menjadi spot yang baik dalam meraup tantangan misteri untuk kalian.

q 60

Dalam hal ini Gunung Raung memiliki beberapa spot pemberhentian yang banyak menyuguhkan kisah misteri, yaitu: Pondok sumur, Pondok Demit, Pondok Mayit, Pondok Angin, dan barat kaldera Gunung Raung.

Baiklah, kita akan membahas satu persatu misteri dan mitos dari masing-masing 5 spot tersebut:

  1. Pondok Sumur

Terdapat sumur tua yang kerap kali difungsikan sebagai tempat bertapa orang-orang sakti, sampai detik ini para pertapa dan sumur tua tersebut masih ada dan aktif, namun tidak kasat mata oleh manusia biasa.

  1. Pondok Demit

Pernah mendengar istilah pasar setan? Spot ini merupakan sarang jual beli makhluk astral, jadi jangan heran jika kalian sampai pada spot ini lalu mendengar suara riuh manusia dan penuh irama alunan musik, letak pasar setan terletak disebelah timur lembah dangkal, perlu kalian ketahui tempat ini kerap kali dijadikan tempat persugihan.

  1. Pondok Mayit

Konon spot ini pernah ditemukan sesosok mayat bermata biru (bule), diduga orang Belanda yang telah dibantai oleh para pejuang zaman dahulu, jadi jangan heran jika kalian mencium bau-bau aneh jika telah sampai di Spot ini.

  1. Pondok Angin

Spot ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pendaki kebanyakan, dikarenakan pemandangan yang luar biasa indah menampakkan gemerlap pesona kota Bondowoso dan Situbondo.

Namun setiap ada keindahan harus dibayar dengan kisah misteri dibalik semua keindahan semua itu. Seperti kejadian terdengarnya langkah kuda dan gerombolannya yang dapat membuat panik bagi siapapun yang belum terbiasa mendengar langkah laju kuda.

  1. Kaldera Gunung Raung

Puncak misteri terdapat pada tepi barat kaldera Gunung Raung, Mitos disini menjelaskan bahwa daerah ini merupakan tempat permukiman kerajaan Macan Putih yang tidak lain adalah Singgasana Pangeran Tawangwulun.

Sehingga masyarakat setempat masih percaya dengan adanya Kerajaan Macan Putih hingga sekarang.

Sedikit cerita aneh, jika ternak warga mengalami kehilangan, peristiwa tersebut dipercaya bahwa kerajaan Macan Putih sedang melangsungkan pernikahan sakral, sehingga membuat warga yang telah kehilangan ternak untuk ikhlas dengan semua itu.

Baca Artikel Lainnya :

Bahkan sempat terdengar entah itu mitos atau kenyataan, kerajaan macan putih pernah sesekali Nampak ke dunia nyata pada malam jumat kliwon, untuk beberapa tujuan dan maksud tertentu.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *