Misteri dan Mitos Tentang Kawah Gunung Merapi

Misteri dan Mitos Tentang Kawah Gunung Merapi – Gunung Merapi merupakan gunung yang terletak di kawasan Kabupaten Sleman, Kabupaten Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Klaten, Yogyakarta.

Gunung ini memiliki tinggi 2.968 m  di atas permukaan laut. Kawasan Gunung Merapi di tetapkan sebagai Taman Nasional Gunung Merapi, sejak tahu 2004. Gunung Merapi termasuk gunung yang masih aktif dan yang paling sering mengalami letusan.

Gunung Merapi juga memiliki panorama alam yang indah apalagi jika dilihat dari puncak gunung tapi dibalik itu semua tersimpan mitos atau misteri.

Beberapa kawasan disekitar Gunung Merapi memiliki aroma mistik yang sangat kuat dan terkesan angker.

Gunung Merapi dianggap sebagai kerajaan jin terbesar di Indonesia dan erat kaitanya dengan penghuni Laut Selatan Jawa. Ingin tahu misteri dan mitos apa yang tersembunyi dibalik kegagahan Gunung Merapi? Mari kita sima ulasannya.

Penunggu Gunung Merapi

Untitled

Misteri Gunung Merapi tidak lepas dari sosok-sosok yang dipercaya menghuni kawasan gunung tersebut.

Menurut cerita rakyat setempat Eyang Merapi adalah raja dari segala macam penunggu kawasan Merapi. Selain Eyang Merapi terdapat soso-sosok penting penjaga Gunung Merapi seperti Eyang Sapu Jagad yang menentukan kapan letusan Gunung Merapi akan terjadi.

Selain itu Eyang Megantara dipercaya dalat mengatur cuaca disekitar Gunung Merapi. Nyi Gadung Melati sebagai pimpinan makhluk halus wanita dan bertugas menjaga kesuburan tanaman di Gunung Merapi.

Eyang Antalboga yang mengatur keseimbangan Gunung Merapi di dunia. Mbah Petruk yang memberikan tanda kapan Gunung Merapi akan meletus serta Kyai Sapu Angin yang bertugas menjaga hewan ternak dan semua hewan di Gunung Merapi.

Tempat- tempat angker di Gunung Merapi

Untitled

Dari tempat- tempat yang dianggap angker yang terdapat di kawasan Gunung Merapi, Pasar Gubrah adalah yang paling terkenal. Pasar Bubrah merupakan punggung gunung dan terletak hanya satu kilometer dari kawah gunung merapi.

Karena jaraknya yang tidak terlalu juah dari puncak gunung Pasar Bubrah sering digunakan pendaki sebagai tempat peristirahatan, menurut cerita para pendaki pada malam hari sering terdengar suara riuh mirip aktifitas pasar selain itu sayup-sayup terdengar suara gamelan dan gending khas jawa.

Tidak sedikit juga para pendaki yang mengaku melihat penampaka roh halus di Pasar Bubrah. Sosok makhluk halus ini berwujud penjaga keraton dan terkadang nyai sinden berpakaian tradisional jawa.

Selain pasar bubrah juga terdapat tempat-tempat angker di kawasan Gunung Merapi seperti Gunung Wutoh, Bukit Turgo, Muncar, Goa Jepang, Bebeng, Plawangan, Telaga putri, Ringin Putih, Umul Temanten, dan Watu Gajah.

Selain tempat -tempat itu hutan disekitar Gunung Merapi juga dianggap angker dan hutan yang paling terkenal Hutan Patuk Alap-alap, konon, hutan ini merupakan tempat penggembalaan hewan ternak Keraton Merapi.

Legenda Keraton Merapi

Untitled

Dikisahkan Keraton Merapi telah ada sejak Kerajaan Mataram, bedanya Keraton Merapi adalah kerajaan jin dan makhluk halus.

Para penunggu Gunung Merapi berasal dari keraton ini. Keraton Merapi erat kaitannya dengan Keraton Mataram, dikisahkan Keraton Merapi pernah membantu Keraton Mataram menghadapi serbuan Kerajaan Pajang.

Baca Artikel Lainnya :

Gunung Merapi mengeluarkan letusan terus menerus yang berhasil menewaskan pasukan Kerajaan Pajang.

Itulah berbagai macam mitos dan misteri gunung merapi banyak orang uang percaya cerita tersebut dan tidak sedimit pula yang membantah kejadian yang terjadi di Gunung Merapi dengan penjelasan ilmiah.

Apapun bentuk ceritanya mungkin nenek moyang kita sengaja membuat cerita tersebut agar tidak ada yang merusak pohon serta tempat-tempat di Gunung Merapi dan terbukti kawasan Merapi tetap asri hingga sekarang.

Terserah para pembaca ingin mempercayai cerita itu atau tidak tapi satu hal yang jarus kita percayai dengan tetap menjaga alam kita agar kita terhindar dari bencana.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *