Misteri Dari Asal Usul Tanjakan Emen

Banyak sumber mengatakan bahwa tanjakan emen yang berada di Bandung menyimpan sebuah misteri. Banyak terjadi kecelakaan yang banyak menelan korban di tanjakan yang satu ini. Dari sumber-sumber tersebut di temukan dua versi cerita yang mengisahkan mengapa tanjakan tersebut diberi nama tanjakan emen.

f 15

Versi cerita pertama di ceritakan bahwa pada tahun 1964 ada seorang sopir yang bernama Emen. Ia dikenal sebagai seorang sopir yang pemberani. Pada saat itu Emen sedang mengemudi oplet jurusan Bandung-Subang dengan membawa muatan ikan asin pada malam hari.

Ikan asin itu dibawanya dari Ciroyom menuju Subang. Saat melintasi lintasan ini oplet yang dikendarai Emen terbalik dan terbakar. Emen pun tak bisa selamat dari kejadian tersebut. Dikisahkan bahwa Emen terbakar hidup-hidup dan meneningga seketika.

Versi lain mengatakan bahwa Emen tengah menjadi korban tabrak lari saat melintasi tanjakan tersebut. Sayangnya mayat Emen tidak segera di kubur, namun disembunyikan di tengah rimbunnya pepohonan. Konon katanya setelah kejadian tersebut arwah Emen gentayangan dan selalu mencari korban atu tumbal siapa saja yang sedang melintasi tanjakan emen.

Dari kedua versi mistis diatas membuat beberapa sopir berwaspada dan bahkan ada yang tidak berani melintasi tanjakan emen pada malam hari. Bahkan ada beberapa ritual yang dilakukan para sopir agar merasa dirinya terselamatkan selama melintasi tanjakan emen.

Banyak sopir yang melakukan ritual menyalakan rokok lalu di buang di pinggir jalan. Konon katanya Emen dalam cerita legenda tersebut adalah perokok akut.

Baca Artikel Lainnya :

Jika di lihat dari sudut pandang ilmiah, tanjakan emen memiliki kemiringan sekitar 45-50 derajat dan banyak memiliki tikungan tajam. Selain itu jalan yang sempit harus di lalui dua jalaur. Otomatis ada yang menanjak dan yang menurun.

Untuk menghindari kecelakaan diika sedang menanjak harus berkonsentrasi penuh dan yang sedang melalu jalun menurun sopir harus bisa menjaga kondisi rem dan gas agar kendaraan bisa berjalan stabil. Dan satu lagi, tetaplah selalu berdoa.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *