Misteri Gelombang Panas Yang Terjadi Di Dunia

Misteri Gelombang Panas Yang Terjadi Di Dunia – Gelombang panas yang terjadi di India bulan Mei silam tentu banyak menyita perhatian dari berbagai kalangan.

Untitled

Bagaimana tidak dikabarkan 2.200 orang dilaporkan meninggal dunia akibat bencana yang terjadi kurang lebih satu bulan tersebut. Tidak hanya di India fenomena gelombag panas juga pernah terjadi di Rusia, Perancis, Australia dan Jepang.

Banyak yang berpendapat peristiwa ini adalah tanda-tanda hari kiamat ataupun azab karena manusia telah berbuat seenaknya pada bumi ini tetapi tidak sedikit pula yang menganggap bencana yang terjadi adalah fenomena alam.

Apa yang sebenarnya terjadi? Dan bagaimana gelombang panas dapat membunuh ratusan bahkan ribuan jiwa? Berikut adalah ulasan mengenai Misteri Gelombang Panas Yang Terjadi Di Dunia.

Apa itu Gelombang Panas

Untitled

Gelombang Panas adalah periode lanjutan dari keadaan cuaca yang sangat panas, yang diikuti oleh tingkat kelembaban tinggi. Tidak  ada definisi universal mengenai gelombang panas, sebutan ini relatif bagi cuaca umum yang terjadi di suatu daerah.

Temperatur yang dianggap normal oleh orang-orang beriklim panas dapat dianggap sebuah gelombang panas di daerah yang beriklim dingin bila berada di luar pola cuaca normal untuk daerah tersebut.

Sebutan ini digunakan kepada keberagaman iklim rutin dan penyebaran panas yang berlebihan yang mungkin hanya terjadi sekali dalam seabad. Beberapa gelombang panas telah menyebabkan gagal  panen, kematian akibat heat stroke dan kekeringan yang dapat menyebabkan kebakaran.

Bahkan di India suhu udara yang panas membuat jalanan kota meleleh.

Bagaimana Gelombang Panas dapat terjadi

Menurut Martin Tingley, seorang ahli iklim dan cuaca Universitas Harvard adalah akibat block event yang terjadi ketika ada konfigurasi dari aliran jet yang stabil.

Hal ini menyebabkan tekanan tinggi di bukit Pantai Barat dan tekanan rendah di palung Pantai Timur. Menurutnya bisa saja adanya pengaruh perubahan iklim akibat kegiatan manusia yang menyebabkan suhu global semakin naik.

Mengapa Gelombang Panas dapat mematikan

Serangan panas dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh manusia. Jantung harus bekerja lebih extra untuk membantu terjadinya proses keringat, reaksi alami tubuh terhadap kondisi yang panas.

Kerja extra dari jantung dapat memicu terjadinya gagal jantung, yang umumnya rentan dialami orang yang berusia lanjut.

Baca Artikel Lainnya :

Gelombang panas yang terjadi di dunia beberapa tahun belakangan ini baik disengaja ataupun tidak adalah akibat perbuatan manusia sendiri yang dengan sengaja menebang pohon demi meraup keuntungan pribadi.

Akibatnya pemanasan global hingga perubahan iklim pun terjadi tidak heran jika fenomena gelombang panas akan semakin sering terjadi. Untuk itu marilah kita bersama-sama menjaga dan merawat bumi kita ini agar tidak ada lagi nyawa yang melayang karena keserakahan kita.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *