Mitos dan Misteri Air Terjun Sedudo

Terjadinya musibah tebing longsor dari objek wisata Air Terjun Sedudo pada tanggal 21 Juli 2015 silam memang seakan-akan mengingatkan berbagai pihak mengenai beberapa mitos yang sejak dahulu sangat diyakini oleh masyarakat sekitar.

d 9

Sebab adanya mitos tersebutlah secara turun-temurun warga yang ada di Desa Ngliman, tempat Air Terjun Sedudo berada selalu mengingatkan pengunjung supaya tidak sekali pun melakukan tindakan “pelanggaran” atau pantangan yang telah ditetapkan.

Sebenarnya mitos dari Air Terjun Sedudo bisa bermakna positif, namun bisa juga sebaliknya. Salah satu mitos yang ada yaitu khasiat dari air terjun yang konon mampu menjadikan wajah awet muda sekaligus menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dimana khasiat tersebut sudah tertulis pada papan informasi yang ada di ruas jalan setapak sebelum lokasi air terjun.

Mitos awet muda ini sangat menarik minat para pengunjung untuk mandi maupun sebatas mencelupkan kakinya ke kolam air terjun yang tingginya mencapai 105 meter itu. Pengunjung yang umumnya remaja biasanya betah untuk berendam berjam-jam di kolam yang tersedia. Terlebih airnya segar serta mampu membawa aura kesehatan.

Bahkan tidak sedikit orang yang mempercayai khasiat dari air kolam yang juga bisa melempengkan karir di bidang politik. Sehingga tidak heran banyak calon anggota wakil rakyat berbondong-bondong datang ke Air Terjun Sedudo untuk melakukan ritual sebelum pemilihan umum.

Tetapi Air Terjun Sedudo nyatanya juga bisa mencelakakan pengunjungnya yang dengan sengaja justru melanggar pantangan. Untuk pantangan yang ditetapkan diantaranya tidak boleh berbuat asusila di area air terjun, membawa pulang benda yang ditemukan di sekitar air terjun, meninggalkan sabun dan sampo yang di air terjun serta dilarang berkomentar ketika melihat hal tidak wajar di lokasi air terjun.

Baca Artikel Lainnya :

Pengunjung yang tidak mematuhi pantangan tersebut pada umumnya tidak akan berumur panjang. Bisa seketika saat masih berada di air terjun maupun ketika pulang.

Tidak terkecuali akan terkena balak atau musibah setelah beberapa hari melakukan kunjungan ke Air Terjun Sedudo. Bagaimanapun Air Terjun Sedudo sedang dipersiapkan menjadi ikon wisata dengan diadakannya ritual tahunan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *