Mitos Gandum Untuk Lebih Bermanfaat dan Kaya Nutrisi

Mitos Gandum Untuk Lebih Bermanfaat dan Kaya Nutrisi – Gandum merupakan makanan pokok, tetapi bukan di Indonesia. Di negara lain bahan makanan ini menjadi makanan sehari-hari karena kandungan karbohidratnya sebagai bahan energi untuk tubuh.

Hal ini serupa dengan kandungan yang terdapat pada nasi. Namun, gandum juga bisa menjadi alternatif makanan pokok yang baik.

semut

Gandum yang kita kenal di Indonesia biasanya bisa kita temukan pada roti. Jika anda sering mengkonsumsi roti saat sarapan, anda telah mengkonsumsi gandum secara tidak langsung. Gizi yang anda peroleh dari gandum baik untuk kesehatan tubuh anda.

Biji-bijian kelompok sereal salah satunya gandum, merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi.

Ternyata, proses pengolahan gandum seringkali mengurangi keutuhan nutrisinya. Seperti penelitian yang dilakukan Regional Nutrition dan External Affairs Manager Cereal Partners Worldwide Asia-Middle, East Africa, “gandum utuh dan tidak utuh pun manfaatnya berbeda” Ece Durukan. “Gandum yang masih alami tentunya akan berbeda dengan gandum yang sudah diolah.

Gandum yang masih alami memiliki kandungan nutrisi lengkap karena tidak melalui proses penyosohan,” ujar Ece di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta saat mengisi acara Nestle Breakfast Cereals Sabtu 13 Februari 2016.

Ece menjelaskan, gandum alami masih memiliki kulit biji, endosperm, dan benih.  Kulit biji kaya akan serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral dan benih gandum yang mengandung protein, magnesium, vitamin B dan E, serta lemak esensial.

Sedangkan untuk gandum yang sudah diolah, atau diputihkan, hanya meninggalkan bagian endosperm. Endosperm sendiri mengandung karbohidrat, vitamin B, dan protein.

Seringkali produsen bahan makanan hanya meninggalkan endospermnya saja karena memang inti dari makanan biji – bijian adalah kandungan tersebut.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, gandum mempunyai manfaat – manfaat yang baik.

Salah satu manfaat tersebut bisa menjaga berat badan supaya lebih stabil, mengurangi resiko terserang penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan melancarkan pencernaan jika anda rutin mengkonsumsi gandum alami.

Baca Artikel Lainnya :

Dianjurkan untuk mengkonsumsi gandum alami sebanyak 48 gram per hari supaya memenuhi asupan gizi. Anda bisa mengkonsumsi gandum yang biasa disajikan pada sereal, kemudian anda tambahkan dengan susu serta buah – buahan supaya gizi yang diperoleh lebih lengkap.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *